Adaro Sumbang Rp 20 M ke Gugus Tugas Penanganan Corona

Tim detikcom - detikNews
Senin, 23 Mar 2020 12:26 WIB
Ilustrasi istilah-istilah terkait virus Corona, apakah semua paham? (Danu Damarjati/detikcom)
Ilustrasi istilah-istilah terkait virus Corona, apakah semua paham? (Foto: ilustrasi oleh Danu Damarjati/detikcom)
Jakarta -

Adaro Grup menyumbang Rp 20 miliar untuk penanganan virus Corona (COVID-19). Bantuan itu diserahkan ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo, menerima langsung bantuan itu dari Pimpinan Adaro Grup, Garibaldi Thohir alias Boy Thohir. Doni langsung membagi bantuan itu menjadi 2, yaitu Rp 5 miliar dan Rp 15 miliar.

"Siang ini saya selaku Ketua Gugus Tugas menerima kunjungan dari Pimpinan Adaro Bapak Boy Thohir yang memberikan bantuannya kepada Gugus Tugas sebesar Rp 20 miliar," kata Doni dalam siaran langsung akun YouTube BNPB, Senin (23/3/2020).

"Dan anggaran ini atau dana ini bantuan ini akan kita bagi Rp 5 miliar untuk kepentingan menyediakan mobil ambulans, dan Rp 15 miliar lagi akan didedikasikan untuk tim yang bertanggung jawab memberikan bantuan logistik, bantuan obat-obatan, vitamin kepada para dokter, para perawat, dan tenaga kesehatan lainnya, termasuk pekerja rumah sakit dan sopir ambulans supaya mereka semuanya bisa mendapatkan dukungan yang baik dan mereka sebagai pekerja terdepan, pejuang kemanusiaan bisa mendapatkan perhatian yang optimal," imbuh Doni.

Boy lantas mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan pernyataan. Dia berharap rekan-rekan dari sektor swasta dapat ikut memberikan bantuan ke pemerintah untuk penanganan COVID-19.

"Kami dari Adaro Group hanya bisa sementara membantu apa yang kita bisa bantu, saya yakin memang ini tidak cukup tapi insyaallah tentunya saya berharap teman-teman dari swasta yang lain bisa membantu," ucap Boy yang juga kakak dari Erick Thohir yang merupakan Menteri BUMN.

Setelahnya Ketua Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI), Andre Rahadian, menyampaikan ucapan terima kasih. Andre merupakan koordinator relawan untuk Gugus Tugas itu.

"Kami dari relawan salah satu fungsinya adalah untuk men-support tenaga medis. Kami tidak sendiri, bersama-sama Himpuni, IKA Undip, dan IKA UB, kita bersama-sama akan membantu untuk men-support semua tenaga medis di seluruh wilayah nusantara," kata Andre.

Pakai Bahasa Indonesia, Siwon Suju Tulis Pesan soal Corona:

(dhn/tor)