Komunikasi dengan Kemhan China, Prabowo Kirim Daftar Kebutuhan Alat Kesehatan

Isal Mawardi - detikNews
Senin, 23 Mar 2020 11:54 WIB
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.
Menhan Prabowo Subianto (Foto: detikcom)
Jakarta -

Bantuan alat kesehatan dari China untuk menangani virus Corona (COVID-19) telah tiba di Indonesia. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengaku berkomunikasi dengan Kementerian Pertahanan China terkait bantuan tersebut.

"Saya sendiri sudah dapat istilahnya komunikasi Kementerian Pertahanan Republik Rakyat Tiongkok, beliau menanyakan kebutuhan kita apa, saya sudah kirim daftar, nggak tahu berapa yang akan dipenuhi ya," ujar Prabowo dalam jumpa pers di Bandara Udara International Halim Perdanakusuma, Jakarta, Timur, Senin (23/3/2020).

Prabowo menyebut bantuan dari China adalah bentuk kerja sama international. China, kata dia, yang sebelumnya menjadi pusat wabah Corona telah berhasil mengatasi dan menawarkan bantuannya.

"Mereka sudah hadapi, dahsyat diawal, sudah atasi, dan sekarang mereka membagi bantuan ke banyak negara , mereka tawarkan ke kita ya kita sambut dengan baik," kata Prabowo.

Prabowo membeberkan Indonesia masih banyak memerlukan bantuan peralatan medis. Salah satunya alat pelindung diri (APD).

"Saya kira secara umum apa yang dibutuhkan rumah sakit di garis depan, saya kira alat ventilator, tes cepat, alat-alat tes yang lengkap tentunya APD saya kira itu tidak jauh dari itu," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah RI diwakilkan Prabowo menerima alat kesehatan dari China di Bandara Udara International Halim Perdanakusumah, Senin (23/3). Sebanyak 12 ton APD diserahkan langsung dari pemerintah China ke pemerintah RI menggunakan pesawat.

Tak Hanya Manusia, Uang Juga Dikarantina 14 Hari:

[Gambas:Video 20detik]



(isa/mae)