Walkot Banda Aceh Minta Warkop Tutup Mulai Malam Ini, Satpol PP Dikerahkan

Agus Setyadi - detikNews
Minggu, 22 Mar 2020 19:12 WIB
Salah satu warkop di Banda Aceh (Agus Setyadi/detikcom)
Salah satu warkop di Banda Aceh (Agus Setyadi/detikcom)
Banda Aceh -

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menindaklanjuti surat Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah yang meminta warung kopi tutup sementara. Petugas Satpol PP dibantu TNI/Polri bakal dikerahkan untuk melakukan pengawasan.

Instruksi penutupan warung kopi dan tempat keramaian lainnya dikeluarkan Aminullah setelah mendapat surat dari Nova pada Minggu (22/3/2020). Penutupan tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona di Tanah Rencong.

"Penutupan tempat keramaian berlaku mulai malam ini sejak dikeluarkan instruksi," kata Aminullah dalam keterangan kepada wartawan.

Menurutnya, kebijakan menutup tempat-tempat keramaian menjadi salah satu upaya pencegahan untuk memutus mata rantai penyebaran virus. Warga diimbau sementara menahan diri, tetap berada di rumah, dan mengikuti protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah.

"Kami ambil kebijakan ini karena imbauan menjauhi keramaian sepertinya belum mendapat perhatian serius warga, padahal ini langkah antisipasi untuk menjaga diri, keluarga, dan sesama. Mari kita sayangi diri, keluarga, dan semuanya," ujarnya.

Aminullah menyebut pelaku usaha tempat keramaian, warung kopi, kafe, dan sarana hiburan yang melanggar akan dilakukan proses hukum sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, seperti yang telah tertuang dalam maklumat yang dikeluarkan Kapolri.

Selanjutnya
Halaman
1 2