Round-Up

1 Dusun Di-screening Gegara Pasien 285 Terungkap Positif Corona Usai Wafat

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 22 Mar 2020 06:00 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Foto: Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Barru -

Pasien positif virus Corona (COVID-19) nomor 285 baru divonis positif Corona setelah 4 hari wafat. Dia pernah bepergian mengunjungi anak menantunya yang bekerja di PLTU Bawasaloe di Dusun Labungnge, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

"Memang pernah ke Barru, kami sudah isolasi di sana, sudah turun tim dari Gugus Penanggulangan COVID-19 di dusun yang pernah dikunjungi korban yang meninggal," kata Bupati Barru, Suardi Saleh saat dihubungi detikcom, Sabtu(21/3/2020).

Dusun Labungnge berada di Desa Lampoko, Kecamatan Balusu. Selain melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh dusun, Suardi mengimbau warga untuk tidak keluar rumah sementara waktu.

"Kita akan secreening secara keseluruhan," ujarnya.

Suardi juga mengimbau agar semua pekerja di PLTU Bawasaloe tidak bekerja dulu. "Kami minta semua izin dulu, tidak bekerja, jangan ada yang keluar rumah, untuk kebaikan bersama," imbaunya.

Jejak pasien kasus 285 ini terlacak positif virus Corona setelah Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah memaparkan awal mula pasien baru diketahui terinfeksi Corona setelah meninggal dunia.

Nurdin mengungkapkan almarhumah dari Tanah Suci kembali ke Makassar pada 3 Maret 2020 lalu. Sepekan kemudian tepatnya tanggal 10 Maret 2020, pasien 285 mulai mengalami diare dan batuk.

"COVID (kasus ke) 285 itu baru kembali dari umrah, seminggu kemudian (tanggal 10 Maret) mengalami keluhan diare dan batuk," kata Nurdin saat konferensi pers di kediamannya di Perumahan Dosen Unhas, Tamalanrea, Makassar, Kamis (3/20/2020).

Tonton juga 'Respons Tubuh Terhadap Infeksi Virus Corona COVID-19':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2