Dinkes ke 338 ODP Corona di Sumut: Tetap di Rumah, Karantina Diri!

Haris Fadhil - detikNews
Sabtu, 21 Mar 2020 19:10 WIB
Indonesia belum lama ini laporkan kasus pertama 2 WNI positif virus corona. Sebagai langkah pencegahan, warga di Jakarta pun kenakan masker saat beraktivitas.
Dinkes Sumut meminta masyarakat yang berstatus ODP terkait corona untuk isolasi diri di rumah. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Medan -

Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatera Utara mengatakan ada 338 orang dalam pemantauan terkait virus corona atau COVID-19 di Sumut. Dinkes mengingatkan para ODP tak keluar dari rumah alias mengkarantina diri sendiri.

"Kita melakukan tracing dan mendapat 338 orang ODP. Kami berharap orang dalam pemantauan ini dapat dengan sukarela melakukan untuk tetap tinggal di rumah. Tidak ke mana-mana, melakukan karantina diri supaya tidak menularkan atau tidak berkemungkinan menularkan," kata Kadis Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan, Sabtu (21/3/2020).



Dia mengatakan bisa saja ada virus corona yang sedang masa inkubasi di tubuh ODP. Oleh sebab itu, dia mengingatkan agar ODP tidak keluar rumah demi mencegah penyebaran lebih luas.

"Bisa saja ODP ini berpotensi menularkan bilamana pada suatu saat dia menjadi positif karena kemungkinan dia sedang masa inkubasi. Untuk memastikan ini orang yang sehat, tetap berada di rumah," ucap Alwi.

Alwi mengatakan pihaknya melibatkan relawan untuk membantu pelacakan warga yang punya riwayat kontak atau perjalanan terkait corona. Alwi mengatakan relawan yang sudah dilatih itu dibutuhkan untuk membantu pelacakan dilakukan di 33 Kabupaten/Kota se-Sumut.