Menag Apresiasi Pembatalan Ijtima di Gowa, Minta Kegiatan Serupa Ditunda

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Sabtu, 21 Mar 2020 12:24 WIB
Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi
Foto: Ilman/detikcom
Jakarta -

Menteri Agama Fachrul Razi mengapresiasi panitia yang membatalkan kegiatan Ijtima Dunia Zona Asia di Gowa, Sulawesi Selatan. Menag pun meminta kegiatan serupa yang mengundang massa untuk ditunda untuk mencegah penyebaran virus Corona.

"Terima kasih atas kesediaan dan kesadaran semua pihak untuk mematuhi imbauan untuk tidak menggelar kegiatan yang mengumpulkan massa. Ini semata untuk mencegah penyebaran COVID-19," ujar Menag di Jakarta, Sabtu (21/03).

"Saya sangat mengapresiasi panitia, Pemda, aparat, dan seluruh pihak yang telah mengupayakan hal tersebut," sambungnya.

Fachrul Razi mengatakan, pihaknya juga telah membatalkan peringatan Isra Miraj yang akan digelar pekan depan. Hal ini menjadi bagian dari upaya bersama mencegah penyebaran dan penularan sehingga pandemic Corona ini bisa segera diatasi.

"Kemenag sedianya akan menggelar acara peringatan Isra Miraj pekan depan, secara sederhana. Namun, acara itu juga akhirnya dibatalkan," ujarnya. Ijtima Jamaah Tabligh yang melibatkan ribuan peserta dari beberapa negara itu dibatalkan setelah ada kesepakatan bersama antara panitia, Pemda, TNI/Polri dalam koordinasi Gubernur dan Forkopimda Sulsel.

Dalam beberapa hari ke depan, ada sejumlah kegiatan keagamaan di Indonesia yang biasanya mengumpulkan massa, seperti, Tawur Agung Kesanga Hindu, Paskah, buka bersama Ramadlan, dan lainnya. Menag meminta agar kegiatan-kegiatan tersebut ditunda dulu untuk sementara waktu.

Tangkal Corona, Baznas Semprot Disinfektan ke Transportasi Publik: