Desa Diminta Percepat Urus Pencairan Dana untuk Penanganan Corona

Mei Amelia R - detikNews
Sabtu, 21 Mar 2020 11:06 WIB
Dirjen Pembangunan dan Pemberdayan Masyarakat Desa (PPMD) Taufik Madjid
Foto: Dirjen Pembangunan dan Pemberdayan Masyarakat Desa (PPMD) Taufik Madjid (dok.BNPB)
Jakarta -

Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) menegaskan desa-desa yang terdampak bisa menggunakan dana desa untuk penanggulangan virus Corona (COVID-19). Pemerintah desa diminta untuk mempercepat pengurusan persyaratan agar dana bisa segera dicairkan.

"Kami juga menitikberatkan kepada perhatian seluruh jajaran pemerintah desa untuk mempercepat menyiapkan seluruh dokumen persyaratan pencairan dana desa yang tahun ini kebijakannya ditransfer dari rekening umum kas negara ke rekening umum kas desa," kata Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Taufik Madjid dalam konferensi pers yang disiarkan live lewat YouTube BNPB, Sabtu (21/3/2020).

Taufik kembali mengingatkan agar desa-desa segera memenuhi persyaratan tersebut agar dana tersebut bisa segera digunakan dalam penanganan wabah COVID-19

"Banyak syarat yang belum dipenuhi, segera untuk dipenuhi agar dana desa bisa segera dicairkan dan digunakan untuk pertama, padat karya tunai di desa, kedua untuk mencegah di bidang pelayanan kesehatan desa dan apabila dipandang perlu disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat desa kita gunakan untuk penanganan dampak virus corona (COVID-19)," tambah Taufik.

Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi), Mendes PDTT telah mengeluarkan edaran terkait pencairan dana padat karya tunai bagi masyarakat miskin dan kelompok marjinal.

Pengumuman! Dana Desa Bisa Dipakai Untuk Menangkal Corona:

Selanjutnya
Halaman
1 2