Roun-Up

Imunitas Prima Kunci Melawan Virus Corona

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 21 Mar 2020 05:41 WIB
Pemeriksaan suhu tubuh giat dilakukan di sejumlah area publik di Jakarta. Para penumpang di Stasiun MRT Lebak Bulus juga turut diperiksa suhu tubuhnya.
Foto ilustrasi: Pemeriksaan suhu tubuh, marak di era wabah Corona ini. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Di masa pandemi virus Corona ini, masyarakat perlu menjaga daya tahan tubuh. Imunitas prima menjadi kunci melawan penularan penyakit COVID-19.

Penurut pemerintah, penderita COVID-19 dapat sembuh dari virus bila daya tahan kucup kuat. Penjagaan jasmani dari serangan COVID-19 memang perlu, soalnya saat ini belum ada obat yang secara pasti bisa menyembuhkan penyakit itu.

"Artinya upaya meningkatkan imunitas, status imunitas itu menjadi kunci, termasuk kaitan pasien sembuh kita rawat tidak menggunakan pengobatan secara spesifik, tapi kita perbaiki kondisi umumnya dan kita perbaiki status imunitasnya. Alhamdulilah sembuh dengan baik," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, dalam konrerensi pers di BNPB, Jakarta Timur, Jumat (20/3/2020).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mengajak masyarakat Indonesia menjaga stabilitas tubuh. Jokowi mengimbau masyarakat agar sering berolahraga guna menangkal virus Corona COVID-19.

"Saya mengajak pada seluruh masyarakat meningkatkan imunitas tubuh melalui olahraga yang baik dan rutin, makanan yang kita makan, kemudian juga jangan sampai stres karena itu mengganggu imunitas tubuh," ujar Jokowi di Bandara Seokarno-Hatta, Jakarta Timur, Jumat (13/3) lalu.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di tengah pandemi COVID-2019. Kampanye ini sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 karena mengonsumsi ikan sangat baik untuk daya tahan tubuh atau imunitas.

Kenali Avigan dan Klorokuin, Obat yang Disiapkan Jokowi untuk COVID-19:

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3