Antisipasi Corona di Lapas, Ditjen PAS Siapkan Tempat Isolasi untuk Napi

Ibnu Hariyanto - detikNews
Jumat, 20 Mar 2020 20:01 WIB
ilustrasi penjara
Ilustrasi Penjara (Andi Saputra/detikcom)
Jakarta -

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kemenkum HAM melakukan antisipasi terhadap penyebaran virus Corona (COVID-19) di area lembaga permasyarakatan. Ditjen PAS akan menyiapkan blok di sejumlah lapas sebagai tempat untuk isolasi untuk warga binaan permasyarakatan (WBP) terkait virus Corona.

"Pastikan masing-masing UPT Pemasyarakatan dan kantor wilayah terdapat satuan petugas (satgas) khusus COVID-19. Kita harus dapat menghadapi keadaan terburuk, di mana Lembaga Pemasyarakatan (lapas) dan Rumah Tahanan Negara (rutan) terdapat pasien dengan pengawasan (PDP)," kata Plt Dirjen PAS Nugroho dalam keterangan tertulis, Jumat (20/3/2020).

Ruang isolasi mandiri itu nantinya akan disiapkan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan. Ruang isolasi mandiri itu diharapkan bisa untuk menangani warga binaan masuk kategori orang dalam pemantauan (ODP), pasien dengan pengawasan (PDP), dan suspect virus Corona.

"Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan sebagai rujukan isolasi mandiri tengah disiapkan untuk penanganan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang menjadi orang dalam pemantauan (ODP), pasien dengan pengawasan (PDP), dan suspect," ujarnya.

Beberapa UPT Pemasyarakatan yang disiapkan sebagai rujukan isolasi mandiri untuk warga binaan antara lain Rumah Sakit Umum Pengayoman Cipinang, Lapas Kelas IIA Cikarang, Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang, Lapas Kelas IIA Serang, dan Lapas Perempuan Kelas IIB Manado. Selain itu, menurutnya, beberapa wilayah lainnya akan segera mengusulkan UPT Pemasyarakatan yang dapat menjadi rujukan isolasi mandiri.

Selanjutnya
Halaman
1 2