Sejumlah RS di Sulsel Kekurangan APD untuk Tim Medis Tangani Corona

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Jumat, 20 Mar 2020 10:35 WIB
RSHS Bandung melakukan simulasi penanganan pasien suspect corona, Jumat (6/3/2020). Simulasi itu untuk menunjukkan kesiapan RSHS dalam menangani pasien suspect corona.
Foto: Wisma Putra/detikcom
Makassar -

Alat pelindung diri (APD) untuk dokter hingga petugas medis lainnya yang menangani pasien suspect dan positif Corona (COVID-19) di sejumlah rumah sakit di Sulawesi Selatan (Sulsel) berkurang. Bahkan ketersediaan barang kian langka.

"Iya berkurang (APD untuk tim medis), tapi inilah, kita mau usahakan untuk pengadaan cepat bisa terisi semua," ujar Kepala Dinas Kesehatan Sulsel dr Ichsan Mustari kepada detikcom, Jumat (20/2/2020).

Ichsan menyebut kelangkaan APD terjadi di sejumlah rumah sakit yang menjadi rujukan penanganan virus Corona. Salah satunya RSUP dr Wahidin Sudirohusodo, Makassar.

"Ada beberapa saja rumah sakit (rujukan yang kekurangan APD), RSUP Wahidin, Labuang Baji. Insyaallah (akan segera dilakukan pengadaan)," katanya.

Kekurangan APD ini turut direspons sejumlah dokter di Sulsel yang membentuk relawan pengadaan APD. Salah seorang dokter yang menjadi relawan pengadaan APD, dr. Muh Ihsan Kitta, menyebut pihaknya tengah melakukan penggalangan untuk pengadaan APD bagi tim medis yang menangani Corona. Saat ini pengadaan masih difokuskan untuk suplai ke RSUP Wahidin.

"Untuk sementara kita suplai ke Wahidin sebagai pusat rujukan di Sulawesi Selatan, nanti sambil lihat (RS rujukan) lain yang juga membutuhkan kita akan geser sesuai yang kita punya," kata Ihsan kepada detikcom.

Ihsan menyebut penggalangan pengadaan APD yang dilakukan pihaknya merupakan inisiatif sejumlah dokter dan masyarakat. Ihsan menyebut saat ini pihaknya masih sulit menemukan stok APD di Sulsel.

"Kalau kurang iya, barangnya yang sebenarnya kurang, jadi kita sementara cari juga kalau itu kita dapat bisa kita langsung ambil barangnya," ucapnya.

Tonton juga Pasien Rujukan Bertambah, RS Persahabatan Butuh Tambah Tempat Tidur :

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/knv)