PMI Turunkan 2.000 Tim Sterilisasi Lapas Cegah Virus Corona

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 20 Mar 2020 10:25 WIB
Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly memantau kegiatan sterilisasi Lapas Kelas 1 Cipinang, Jakarta Timur.
Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) (Foto: Tiara Aliya Azzahra/detikcom)
Jakarta -

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) menurunkan sekitar 2.000 tim PMI untuk sterilisasi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di seluruh Indonesia. Tujuannya untuk mencegah penyebaran virus Corona di dalam penjara.

"PMI siap karena kita sekarang akan bikin 2.000-an tim seluruh indonesia untuk kegiatan ini," kata Ketua PMI Jusuf Kalla di Lapas Kelas 1 Cipinang, Jatinegara, Jakarta Timur, Jum'at (20/3/2020).


JK mengatakan penjara merupakan pusat kerumunan sehingga memiliki peluang besar penyebaran virus Corona. Untuk itu, PMI bersama Kementerian Hukum dan HAM (Kemnkum HAM) berkomitmen untuk sterilisasi seluruh penjara di Indonesia.

"Kan masalah pokoknya bahwa virus ini menyebar antara orang dan orang, artinya paling banyak pada saat kerumunan. Penjara adalah kerumunan tempat," ujarnya.

"Karena itu memang secara teratur harus disterilkan. Untuk itu PMI bersama Pak Menteri (Yasonna Laoly) ini semua penjara akan kita sterilkan," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2