Sterilisasi, Menkum: LP Cipinang Over Capacity, Dampaknya Besar Jika Kena Corona

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 20 Mar 2020 09:52 WIB
Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly memantau kegiatan sterilisasi Lapas Kelas 1 Cipinang, Jakarta Timur.
Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly memantau kegiatan sterilisasi Lapas Kelas 1 Cipinang, Jakarta Timur. (Foto: Tiara Aliya Azzahra/detikcom)
Jakarta -

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly memantau kegiatan sterilisasi Lapas Kelas 1 Cipinang, Jakarta Timur. Yasonna mengatakan, kondisi di Lapas Cipinang over kapasitas sehingga harus jadi perhatian besar dalam pencegahan corona.

"Lapas itu sangat over kapasitas, di sini itu 4 kali lipat. Jadi bisa dibayangkan kalau kejadian, mudah-mudahan tidak. Itu dampaknya akan sangat besar sekali. Jadi 1 aja di sini langsung ribuan yang kena. Jadi ini yang kita katakan, kami sangat apresiasi dengan PMI dan kerjasama dengan PMI daerah, Pak JK sudah perintahkan seluruh PMI daerah untuk membantu disinfektan," kata Yasonna di lokasi, Jumat (20/3/2020).

Sejauh ini, kata Yasonna, belum ada warga binaan Lapas Cipinang yang terdeteksi mengalami gejala-gejala virus corona. Dia mengucapkan terima kasih atas perhatian PMI yang memperhatikan Lapas sebagai wujud pencegahan COVID-19


"Belum so far, jangan sampai. Jadi saya atas nama Menkum HAM mengucapkan terima kasih kepada PMI dalam hal ini Pak JK dan tim yang telah memberikan perhatian besar kepada lembaga pemasyarakatan di seluruh Indonesia," kata Yasonna.

Sebelumnya, kegiatan sterilisasi di Lapas Cipinang berupa penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19). Yasonna mengucapkan apresiasinya kepada PMI yang mau membantu menyelenggarakan kegiatan penyemprotan disinfektan ini. Ia berharap lapas-lapas di luar Jakarta dapat segera melakukan kegiatan serupa.

Sementara itu, JK mengimbau seluruh instansi untuk perbanyak upaya terakit pencegahan Corona.

"Pak menteri dan seluruh aparat, kita kurangi bicara dan perbanyak upaya. Kita selalu bilang gini sibukkan sekarang daripada nanti kita sibuk di rumah sakit. Sudah begitu saja," kata Ketua PMI Jusuf Kalla di Lapas Kelas 1 Cipinang, Jatinegara, Jakarta Timur.

(idn/idn)