Round-Up

Jurus Pepen Perangi Corona: Tutup Spa-Akan Larang Warga ke Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 20 Mar 2020 06:15 WIB
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dan Gubernur DKI Anies Baswedan
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi (Isal Mawardi/detikcom)
Bekasi -

Wabah virus Corona (COVID-19) menyerang Bekasi, Jawa Barat. Ada 9 warga Bekasi dinyatakan positif terinfeksi virus Corona.

"Yang positif tadi ada 9," ujar Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi kepada wartawan, Kamis (19/3/2020).

Data tersebut didapat Pemkot Bekasi per hari Kamis 19 Maret 2020. Pria yang akrab disapa Pepen itu mengaku telah melakukan sejumlah langkah meminimalisir penyebaran virus Corona.

Berikut aksi Wali Kota Bekasi menangani virus Corona:

9 Warga Positif Corona

Rahmad Effendi mengatakan dari 9 kasus positif Corona, di antaranya merupakan satu keluarga.

"Satu (positif di kecamatan) Mustika Jaya, di Jatisampurna itu ada satu keluarga (positif) tadi saya sampaikan sedang dirawat di salah satu rumah sakit swasta dan beberapa sedang dialihkan ke Rumah Sakit Persahabatan, lalu di (Kecamatan) Medan Satria ada 3 (kasus) ini juga salah satu lingkaran keluarga," paparnya.

Tutup Spa hingga Diskotek

Pemkot Bekasi melakukan sejumlah langkah preventif untuk mencegah penyebaran virus Corona. Salah satunya dengan menutup karaoke dan diskotek.

"(Saya) sudah rapat kepada Pak Kapolres (agar) tempat-tempat karaoke atau diskotek, spa, terhitung malam ini akan ditutup," ujar Rahmat Effendi.

Selain tempat diskotek-karaoke, Rahmat meminta kepada rumah makan ataupun restoran untuk mengurangi kegiatan yang mengundang banyak massa.

"Pemerintah Kota Bekasi meminta kepada seluruh rumah makan yang sekarang ini masih melakukan kegiatan-kegiatan besar untuk dikurangi," ucapnya.

Dalam surat edaran Wali Kota Bekasi nomor 443/2137/parbud.par disebutkan tempat hiburan malam se-Kota Bekasi akan ditutup terkait antisipasi penyebaran virus COVID-19. Penutupan efektif mulai tanggal 20 Maret 2020 hingga 31 Maret.

Berikut tempat hiburan malam dan tempat umum yang akan ditutup: