Anies Minta Resepsi Pernikahan di DKI Dilengkapi Ruang Isolasi Corona

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kamis, 19 Mar 2020 23:04 WIB
Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Arief/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan seruan gubernur tentang pembatasan interaksi sosial atau social distancing. Salah satu poin imbauan adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi jika resepsi pernikahan akan dilakukan.

Imbauan itu tertuang dalam Seruan Gubernur DKI Jakarta Nomor 4 Tahun 2020 tentang Menjaga Jarak Aman Warga dalam Bermasyarakat (Social Distancing Measure) Dalam Rangka Antisipasi dan Pencegahan Penularan Corona Virus Disease (COVID-19) di Provinsi DKI Jakarta.

Seruan tersebut ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 18 Maret 2020. Seruan itu berisi beberapa hal yang sering disampaikan Anies, seperti jarak aman dalam berinteraksi sekitar 1 meter.

Kemudian, salah satu isi seruan Anies adalah imbauan untuk menunda resepsi pernikahan. Namun Anies memberi catatan jika resepsi tetap akan dilakukan.

"Menunda kegiatan resepsi. Apabila kegiatan resepsi pernikahan harus dilaksanakan, maka pihak penyelenggara harus melakukan langkah tegas dan disiplin di antara sebagai berikut," tulis Anies dalam seruannya, seperti dilihat detikcom, Kamis (19/2/2020).

"Wajib terdapat pemeriksa suhu tubuh para tamu sebelum masuk. Menyediakan ruang isolasi untuk tamu, apabila ditemukan tidak sehat dapat diantarkan ke ruang isolasi tersebut. Menyediakan hand sanitizer (pembersih tangan) di pintu masuk dan pintu keluar. Tidak diperkenankan berjabat tangan/bersalaman dan melakukan interaksi secara tanpa bersentuhan," sambungnya.

(aik/azr)