Cegah Corona, Keuskupan Agung Jakarta Ganti Misa Minggu Via Online

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 19 Mar 2020 20:36 WIB
Suasana Misa Natal di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Selasa (24/12/2019). Perayaan Natal pada tahun ini bertema hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.
Ilustrasi Misa di Gereja Katedral Jakarta (Akbar Nugroho Gumay/Antara Foto)
Jakarta -

Keuskupan Agung Jakarta mengikuti anjuran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk meniadakan misa Minggu di gereja. Misa Minggu ditiadakan selama dua pekan ke depan demi mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).

"Selama 15 hari, mulai tanggal 20 Maret sampai dengan 3 April 2020, semua kegiatan kegerejaan yang mengumpulkan banyak orang berikut ini ditiadakan," ujar Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Jakarta, Romo Samuel Pangestu dalam keterangan tertulis, Kamis (19/2/2020).

Misa Minggu beserta misa lainnya dapat diikuti umat Katolik di Jakarta melalui live streaming. Keputusan ini berdasarkan Rapat Kuria KAJ untuk mencegah penyebaran virus Corona.

"Misa mingguan dan misa harian. Misa mingguan akan disiarkan secara online (live streaming atau via channel YouTube). Semua kegiatan kerohanian bersama: misa lingkungan, misa ujub, renungan APP lingkungan, dan Jalan Salib," ujar Romo Samuel.

KAJ mengimbau pastor di Jakarta untuk tetap melayani kebutuhan umat. Namun hal itu dilakukan dengan tetap memperhatikan kondisi lingkungan.

"Dengan semangat Gembala Baik dan Murah Hati, pastor diminta untuk tetap melayani kebutuhan rohani dan sakramental Umat Allah dengan memperhatikan kondisi dan ketentuan yang ada," ujar Romo Samuel.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk menunda ibadah misa dan kebaktian gereja di lingkungan Provinsi DKI Jakarta selama dua minggu ke depan. Hal ini untuk mencegah penularan virus Corona (COVID-19) lebih cepat.

"Begitu juga misa hari Minggu dan kebaktian, juga ditunda untuk dua minggu ke depan," kata Anies saat jumpa pers di Balai Kota, Jakarta, Kamis (19/3).

(rfs/azr)