DPRD Apresiasi Pemprov Sulsel Batalkan Ijtima Dunia di Gowa

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Kamis, 19 Mar 2020 20:18 WIB
Sidang paripurna DPRD Sulsel
DPRD Sulsel (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Makassar -

Pimpinan DPRD Sulsel mengapresiasi langkah-langkah taktis pembatalan Ijtima Ulama Zona Asia di Kabupaten Gowa serta proses pemulangan ribuan pesertanya. Wakil Ketua DPRD Sulsel Muzayyin Arif menyebutkan pembatalan pertemuan anggota jemaah tablig dari berbagai penjuru dunia ini demi kepentingan yang lebih besar di tengah penyebaran virus Corona COVID-19.

"Tentu bukan hal mudah, tetapi upaya untuk membatalkan ijtima menunjukkan loyalitas terhadap pemerintah dan solidaritas terhadap masyarakat masih ada. Alhamdulillah, berakhir secara baik dan pihak jemaah mau mengikuti arahan yang disampaikan Gubernur Sulsel," ujar politikus PKS Sulsel itu dalam keterangannya, Kamis (19/3/2020).

Pihaknya juga mengapresiasi kesigapan seluruh jajaran Pemprov Sulsel, Kapolda Sulsel, Pangdam XIV/Hasanuddin, dan Bupati Gowa yang terus melakukan pendekatan dan memberikan pemahaman kepada ribuan peserta Ijtima.

"Pendekatan persuasif kepada panitia Ijtima membuahkan hasil yang maksimal sesuai harapan masyarakat Sulsel pada khususnya dan Indonesia pada umumnya," tutur Muzayyin, yang juga pengasuh Pondok Pesantren Darul Istiqamah Maros.

Muzayyin menambahkan, DPRD Sulsel juga mendukung upaya Pemprov Sulsel menangani kondisi kesehatan jemaah. Termasuk menyiapkan fasilitas untuk pemulangan ke daerah masing-masing. Sementara bagi jemaah yang berasal dari luar negeri diharapkan segera dilakukan langkah isolasi di salah satu hotel.

"Kita juga berharap ada koordinasi dengan pemkab-pemkab di Sulsel bilamana ada warganya yang hadir dalam pertemuan ijtima di Kabupaten Gowa," sebut dia.

(mna/gbr)