Ratusan WNA Peserta Ijtima Ulama Zona Asia Dievakuasi ke Hotel di Makassar

ADVERTISEMENT

Ratusan WNA Peserta Ijtima Ulama Zona Asia Dievakuasi ke Hotel di Makassar

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Kamis, 19 Mar 2020 19:39 WIB
ijtima ulama zona dunia
WNA Peserta Ijtima Ulama Zona Asia di Makassar (Muhammad Nur Abdurrahman/detikcom)
Makassar -

Ratusan anggota peserta Ijtima Ulama Zona Asia dievakuasi dari lokasi pertemuan di Kabupaten Gowa ke Makassar. Ratusan peserta yang merupakan warga negara asing itu ditempatkan di Hotel Grand Sayang yang berada di Makassar.

Setiban di Makassar, mereka langsung disemprot cairan disinfektan oleh petugas dari Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan (Dinkes Sulsel). Barang-barang yang dibawa pun tak luput dari perlakuan yang sama.

GM Hotel Grand Sayang, Dwi Supriyanto, mengatakan proses evakuasi itu sesuai dengan arahan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah. Nurdin, disebut Dwi, memintanya menyiapkan semua kamar hotel yang berjumlah 99 kamar.

"Semuanya serba 'last minute', baru disiapkan tadi sore, semua pihak terkait sudah berkoordinasi, tadi sore ada Dandim, Kapolrestabes, Dinkes yang melihat persiapan hotel," ujar Dwi, Kamis (19/3/2020).

Saat ini ratusan peserta ijtima itu masih berkumpul di lobi hotel menunggu pembagian kamar. Terkait hal ini, Dwi menyebut pihak hotel langsung merelokasi semua tamu yang menginap atau yang baru reservasi ke hotel lain.

Dwi juga berharap pihak Dinkes Sulsel memberikan arahan kepada para petugas Hotel Grand Sayang terkait prosedur standar pencegahan penyebaran COVID-19. Di sekitar hotel pihak Dinkes Sulsel menyiagakan dua unit ambulans. Sementara di bagian luar hotel dijaga ketat anggota Polri dan TNI.

"Sejauh ini kita menganggap mereka semua dalam kondisi sehat, tapi untuk jaga-jaga, kami minta Dinkes melakukan briefing pada petugas kami, apa pun prosedur yang pemerintah tetapkan akan kita jalankan," pungkas Dwi.

(mna/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT