DPRD Surabaya: Wabah Corona Momen Tepat Bangun Karakter Hidup Sehat

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Kamis, 19 Mar 2020 19:09 WIB
DPRD Kota Surabaya
Foto: Dok DPRD Surabaya
Jakarta -

DPRD Kota Surabaya mendukung langkah Pemkot Surabaya dalam melakukan pencegahan terhadap wabah virus Corona (Covid-19). DPRD Kota Surabaya pun ikut mensosialisasikan cara hidup sehat dan memberikan informasi terkait pencegahan terhadap virus covid-19.

"Jadi setelah tanggal 3 Maret, setelah pusat mengatakan corona positif dua di Indonesia. Pemerintah Surabaya langsung melakukan langkah-langkah pencegahan ya. Mulai dari penolakan kapal pesiar, sosialisasi melalui sosmed, kemudian sosialisasi hidup bersih, sampai kemudian terus kebijakan belajar di rumah," kata Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Astuti dalam keterangan tertulis, Kamis (19/3/2020).

Reni menyebutkan langkah lain dari Pemkot ialah melakukan penyemprotan disinfektan mulai fasilitas publik, di tempat ibadah dan juga di jalan umum dan juga di sekolah-sekolah serta kantor-kantor.

"Kita melihat juga di perkampungan seperti ini, di mana di perkampungan perlu juga tempat fasilitas publik, apakah itu, salah satunya ada balai RT, ada RW. Balai RW saat ini di Surabaya, tidak hanya punya fungsi sosial masyarakat, tapi ada fungsi edukatif, ada yang dipakai untuk PAUD, ada dipakai taman bacaan, ada yang dipakai taman posyandu. Jadi ada banyak sekali konteks sosial kemasyarakatan dan kesehatan," terangnya.

Reni mendorong untuk melengkapi upaya pencegahan terhadap virus covid 19 yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya di berbagai aspek, dengan dilengkapi di balai-balai RT dan RW.

"Bentuknya apa yang ideal ialah wastafel. Karena terbaiknya disitu adalah mencuci dengan sabun di air mengalir. Kalau sementara memang tidak bisa, jika dibutuhkan adalah hand sanitizer. Balai RT/RW bisa mengupayakan secara mandiri. Kalau RT/RW tidak bisa, Pemerintah Kota bisa membantu," ungkapnya.

Dia pun menegaskan jika keberadaan hand sanitizer dan wastafel di balai RW itu, bisa membangun karakter cara hidup sehat. Saat ini, momen yang tepat untuk membangun karakter hidup sehat.

"Kita manfaatkan momen pencegahan corona ini, sebagai momen pembangunan karakter bersih dan sehat. Artinya kalau corona tidak ada lagi dan semoga tidak lama kembali ke suasana normal. fungsi-fungsi sarana dan prasarana bisa nanti bisa fungsikan untuk kebutuhan selanjutnya," lanjut Reni.

Reni mengajak semua elemen bersatu melawan covid-19 dengan hidup sehat dan tingkatkan kewaspadaan.

"Kita bersatu melawan covid-19, tingkatkan kewaspadaan, kurangi kepanikan. Dan saya tadi menanyakan aktivitas warga seperti biasa. Tapi yang seperti ini, kemudian kita tidak melakukan intervensi di tengah masyarakat, intervensi di kampung-kampung salah satunya dengan penyediaan sarana dan prasarana, kebersihan di balai-balai RW itu penting," tandasnya.

(ega/ega)