Imbas Corona, AirAsia Batalkan Semua Penerbangan Rute Kuala Lumpur-Padang

Jeka Kampai - detikNews
Kamis, 19 Mar 2020 12:01 WIB
Ilustrasi pesawat
Ilustrasi pesawat (Foto: dok. iStock)
Padang -

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sempat meminta AirAsia membatalkan penerbangan rute Kuala Lumpur-Padang (PP) guna mencegah penyebaran COVID-19. Pihak maskapai merespons permintaan itu dan membatalkan seluruh penerbangan mulai Kamis (19/3) sampai Selasa (31/3).

Kebijakan AirAsia ini juga terkait dengan lockdown yang diberlakukan di negeri jiran tersebut. Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Yos Suwagiyono mengaku telah menerima surat pemberitahuan dari pihak AirAsia terkait dengan kebijakan tersebut.


"Iya, dibatalkan semuanya. Tadinya sempat hanya mengurangi jadwal saja, tapi terakhir jadi dibatalkan semua," kata Yos kepada detikcom, Kamis (19/3/2020).


Awalnya, AirAsia mengirim surat pemberitahuan bahwa penerbangan tetap akan berlangsung, tapi volumenya dikurangi dari semula tiga kali menjadi satu kali penerbangan, yakni di penerbangan terakhir. Itu pun hanya berlangsung sekali dua hari. Artinya, dalam rentang hingga 31 Maret, masih ada beberapa kali penerbangan.

"Namun sekarang kebijakannya sudah berubah. Kami dapat surat terbaru, AirAsia membatalkan seluruh penerbangannya ke Padang," kata Yos.

Jokowi Ingin Tenaga Medis Corona Diberi Perlindungan dan Insentif:

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/gbr)