Pimpinan DPRD DKI Harap Drive-thru Tes Corona Segera Direalisasi

Dwi Andayani - detikNews
Kamis, 19 Mar 2020 11:20 WIB
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani.
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani (Arief/detikcom)

Politikus PAN itu menilai saat ini pemerintah telah memperlihatkan progres yang menenangkan dalam menangani virus Corona. Zita mengaku juga telah menyampaikan jenis drive-thru tes Corona ini kepada tokoh-tokoh di PAN.

"Saya sudah bicara ke semua media kemarin lusa, tesnya kayak beli burger aja. Saya juga sampaikan kepada tokoh-tokoh PAN di tingkat nasional, semoga bisa disampaikan pada pemerintah. Kami bersyukur pemerintah memperlihatkan progres yang menenangkan," tuturnya.

Zita berharap tes virus Corona ini nantinya dapat dilakukan di setiap stasiun dan halte busway yang ada di Jakarta. "Dulu zaman Belanda, pes itu menyebar lewat kereta-kereta, terutama yang bawa logistik. Ini mesti dapat perhatian lebih. Paling tidak, stasiun-stasiun dan halte busway utama di Jakarta juga tersedia tes COVID-19," katanya.

Diketahui, sebelumnya pakar epidemi, dokter, hingga anggota Dewan menyerukan tes virus Corona secara masif dilakukan di Indonesia. Korea Selatan jadi rujukan. Pemerintah menyatakan sudah punya rencana menggelar drive-thru tes Corona ala Korea Selatan di Indonesia.

"Sudah beberapa hari ini kita bicarakan mengenai hal tersebut," kata juru bicara Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, kepada detikcom, Rabu (18/3).

Dengan adanya drive-thru tes Corona, warga bakal lebih mudah menjangkau tes tersebut. Korea bisa melakukan tes tersebut dengan ketersediaan test kit yang mereka produksi sendiri. Lalu bagaimana dengan test kit yang akan dipakai drive-thru tes Corona di Indonesia nanti? Yuri mengatakan test kit-nya juga berasal dari Korea.

Halaman

(dwia/mae)