Gatot Ajak Makmurkan Masjid di Tengah Corona, Komisi IX: Ikuti Menag-MUI

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 19 Mar 2020 10:03 WIB
Melki Laka Lena
Foto: Melki Laka Lena. (detikcom).
Jakarta -

Komisi IX DPR angkat bicara terkait pernyataan eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo menggaungkan salat berjemaah di masjis di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Wakil Ketua Komisi IX DPR Melki Laka Lena menilai anjuran fatwa MUI untuk beribadah di rumah sudah tepat.

"Jadi sebenarnya gini, kita ini kan dalam kesehatan ada istilah lebih baik mencegah daripada mengobati, itu prinsip kesehatan. Sehingga kita melakukan berbagai cara untuk mencegah kita agar jangan sakit," kata Melki saat dihubungi, Kamis (19/3/2020).

"Dan prinsip ini juga sama dengan prinsip agama. Agama apapun lah itu menjaga keselamatan orang lebih penting daripada mengobati orang sakit. Sehingga dalam situasi seperti ini saya kira MUI sudah mengambil langkah dengan tepat untuk mencegah orang berkumpul karena itu berpotensi menyebabkan sakit," lanjut Melki.

Melki menilai anjuran MUI harus menjadi pertimbangan serius. Namun, Melki tak mempermasalahkan jika ada pendapat yang berbeda.

"Jadi anjuran MUI sebagai otoritas keagamaan dianut di kelompok muslim memang perlu menjadi pertimbangan serius, walaupun sikap Pak Gatot tetap harus kita aspirasikan namanya pendapat pribadi ya," katanya.

Sambut Fatwa MUI, Aa Gym: Salat di Rumah!:

Selanjutnya
Halaman
1 2