Ijtima Dunia Batal, Gubernur Sulsel Akan Kawal Kepulangan Jamaah

Hermawan Mappiwali - detikNews
Kamis, 19 Mar 2020 04:32 WIB
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah (Foto: Noval Dhwinuari/detikcom
Jakarta -

Usai koordinasi yang alot antar sejumlah pihak berkepentingan, Ijtima Dunia Zona Asia di Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), resmi dibatalkan. Panitia disebut bersedia menunda sementara waktu itjima yang dihadiri warga negara asing berbagai negara tersebut.

"Setelah berkoordinasi dengan Kapolri serta Kapolda Sulsel dan Bupati Gowa sepanjang malam ini, acara ljtima Jamaah Tabligh yang akan berlangsung besok resmi kita batalkan," ujar Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah lewat akun instagram miliknya seperti dilihat Kamis (19/3/2020).

Nurdin menjelaskan, acara ijtima ini yang rencananya akan digelar di Pakkatto, Gowa, ini pada dasarnya sejak awal telah diminta ditunda karena untuk mencegah penyebaran virus corona. Nurdin menyebut para pihak seperti pemerintah kabupaten Gowa, MUI dan kepolisan telah melakukan koordinasi terkait rekomendasi penundaan.

"Namun ternyata panitia lokal tetap melaksanakan acaranya sehingga ribuan peserta dari sejumlah daerah di Indonesia dan ratusan dari luar negeri terlanjur hadir melalui pelabuhan dan bandara," ujar Nurdin.

Nurdin pun mengaku telah meminta pihak kepolisan meminimalisir interaksi para peserta dengan warga di sekitar lokasi acara atau membatasi ruang gerak para peserta agar tidak melakukan kontak dengan warga.

"Selanjutnya kita akan mengantar mereka pulang ke pelabuhan dan bandara dengan pengamanan yang dibutuhkan," ujar Nurdin.

"Saya mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang menyikapi hal ini, kami berkomitmen untuk menjaga seluruh warga dari kemungkinan penularan virus COVID-19 lebih meluas," pungkas Nurdin.

Sebelumnya, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menyatakan Ijtima Dunia yang akan digelar di daerahnya resmi dibatalkan. Keputusan itu diambil setelah melakukan pembicaraan dengan pihak penyelenggara.

"Alhamdulillah, akhirnya sepakat Ijtima Dunia ditunda/dibatalkan pelaksanaannya," ujar Adnan melalui akun instagram resminya, seperti dilihat pada Kamis (19/3).

(lir/lir)