ADVERTISEMENT

Darurat Corona, Polisi Imbau Warga Tak Hadiri 'Ijtima Dunia' di Gowa

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Rabu, 18 Mar 2020 21:11 WIB
Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Ibrahim Tompo
Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Ibrahim Tompo (Hermawan Mappiwali/detikcom)
Kabupaten Gowa -

Polda Sulsel menegaskan tidak memberikan izin pelaksanaan kegiatan Ijtima Dunia Zona Asia di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel). Warga pun diminta tidak menghadiri acara tersebut untuk mencegah penyebaran virus Corona.

"Mengimbau masyarakat tidak hadir dan sebisa mungkin tidak mendekati area kegiatan tersebut," kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Ibrahim Tompo kepada detikcom, Rabu (18/3/2020).

Pelaksanaan Ijtima Dunia Zona Asia ini dilaksanakan di Kompleks Darul Ulum, Desa Niranuang, Kecamatan Bontomarannu, Gowa, Sulawesi Selatan. Di tengah penyebaran wabah virus Corona, pihak kepolisian tidak memberikan izin pelaksanaan kegiatan itu.

"Karena pertimbangan situasi darurat bencana penyakit yang memungkinkan akan memudahkan penularan COVID-19," tegas dia.

"Kita malah mengimbau untuk menunda kegiatan tersebut hingga situasi memungkinkan," imbuhnya.

Dia kembali menegaskan bahwa Polda Sulsel pun telah membuat maklumat untuk mengimbau peserta, panitia, dan masyarakat agar menunda dan tidak menghadiri acara itu.

Sebelumnya, peserta Ijtima Dunia ini berasal dari dari dalam dan luar negeri. "Sudah berdatangan dengan jumlah ribuan orang. Ada warga negara asing dari beberapa negara," kata Guntur.

Guntur mengatakan warga negara asing itu adalah bagian dari jemaah tablig yang masuk ke Indonesia, jauh sebelum wabah Corona menyebar. "Mereka sudah ada dan datang di Indonesia sebelum isu Corona," ujarnya.

"Kan jemaah tablig tinggal di masjid di Sulsel sambil menunggu tanggal besok ini," imbuhnya.

(fiq/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT