Gojek Pastikan Driver Duduk 'Membeku' di Atas Motor Tak Terkait Corona

Jabbar Ramdhani - detikNews
Rabu, 18 Mar 2020 20:43 WIB
Video driver ojol di NTB membeku di atas motor viral di medsos (dok. Istimewa)
Video driver ojol di NTB 'membeku' di atas motor viral di medsos (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Video pengendara ojek online (ojol) terlihat kaku di atas sepeda motor viral di media sosial (medsos). Pihak Gojek memastikan driver ojol tersebut tidak terdampak virus Corona (COVID-19).

"Berkenaan dengan informasi yang tersebar di pesan berantai yang menyatakan bahwa mitra kami di Mataram terdampak COVID-19, dapat kami sampaikan bahwa informasi tersebut adalah hoax," kata Vice President Regional Corporate Affairs Gojek Michael Reza Say kepada detikcom, Rabu (18/3/2020).

Pihak Gojek juga sudah melakukan pengecekan ke lapangan. Driver yang viral tersebut sudah beraktivitas normal kembali.

"Setelah dilakukan pengecekan, mitra kami saat itu mengalami sakit dan saat ini dapat kembali beraktivitas setelah dilakukan pertolongan pada kesempatan pertama oleh masyarakat dan tim satgas kami," kata dia.

Video driver ojol duduk 'membeku' disebarkan beberapa akun dengan narasi dikaitkan dengan virus Corona (COVID-19). Gojek mengingatkan warganet untuk selektif dalam menyerap informasi.

"Kami mengimbau agar masyarakat senantiasa waspada serta menyaring keabsahan informasi yang beredar di publik dan terus mengikuti perkembangan terkait situasi terbaru dari sumber-sumber resmi, seperti badan pemerintah dan pihak berwajib," ujar Michael.

Gojek Pastikan Driver Duduk 'Membeku' di Atas Motor Tak Terkait CoronaDriver ojol di NTB memberi klarifikasi soal video viral duduk 'membeku' di atas motor (dok. Istimewa)

Terbaru, di medsos pun beredar video driver tersebut memberi klarifikasi soal simpang siur informasi yang beredar di medsos. Dia juga menegaskan kabar dirinya terkait Corona hoax.

Sebelumnya diberitakan, video driver ojol terlihat kaku di atas sepeda motor viral di medsos. Dalam video yang beredar, tampak driver ojol tersebut ada dalam posisi menyetir di atas sepeda motor yang berhenti. Kedua tangannya memegang setang motor.

Pria tersebut tidak bergerak meski ada sejumlah orang yang mengerubunginya. Sejumlah orang mencoba memastikan kondisi pria tersebut dengan memegang lengan untuk mencari denyut nadi si driver ojol.

Dalam video berdurasi satu menit itu, si driver ojol tetap diam saat helmnya dibuka warga. Disebutkan peristiwa tersebut terjadi di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Polisi sudah bergerak menelusuri video viral tersebut. Driver ojol dalam video tersebut disebutkan sudah kembali beraktivitas.

"Kejadian kemarin lusa. Driver sudah sehat dan beraktivitas seperti semula," kata Kabid Humas Polda NTB Kombes Artanto saat dimintai konfirmasi, Senin (16/3/2020).

Gojek Pastikan Driver Duduk 'Membeku' di Atas Motor Tak Terkait CoronaVideo driver ojol di NTB 'membeku' di atas motor viral di medsos (dok. Istimewa)

Kombes Artanto lalu membagikan sebuah video berdurasi 37 detik. Dalam video tersebut, ada polisi berbaju bebas dari Polsek Ampenan bersama si driver ojol.

"Kami anggota Polsek Ampenan bertemu langsung bersama yang bersangkutan, yang sempat viral di video. Jadi yang bersangkutan sakit karena kecapekan, jadi bukan penyakit aneh-aneh yang beredar dan viral di medsos," kata polisi dalam video tersebut.

Polisi tersebut lalu menanyakan kondisi driver ojol itu. Si driver ojol menyatakan diri sudah sehat.

"Alhamdulillah sudah sehat," kata si driver ojol.

(jbr/idh)