4 Anggota KKB Tewas, Mahfud: Tembagapura Sepenuhnya Dikuasai Pemerintah

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Rabu, 18 Mar 2020 18:51 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md
Menko Polhukam Mahfud Md (Jauh Hari/detikcom)
Jakarta -

Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan saat ini wilayah Tembagapura, Papua sudah dikuasai oleh pemerintah. Dia menuturkan aparat TNI-Polri di sana telah melakukan penegakan hukum terhadap kelompok kriminal bersenjata (KKB).

"Tembagapura sekarang sepenuhnya sudah dikuasai oleh pemerintah. Pemerintah sudah berhasil menguasai situasi dan kontak tembak ya kan sudah sering terjadi," kata Mahfud dalam rekaman press update kepada wartawan, Rabu (18/3/2020).

Untuk diketahui, aparat terlibat kontak tembak selama dua hari dengan KKB, sejak Sabtu (14/3) hingga Minggu (15/3). Dalam kontak tembak, aparat berhasil melumpuhkan 4 anggota KKB.

"Kita selesaikan itu sebagai tindakan KKB, apa namanya... kelompok kriminal bersenjata. Oleh sebab itu, ditangani oleh pihak polisi, aparat keamanan. Di-follow up ada (anggota KKB) yang ditangkap, sudah ada," jelas Mahfud.

Mahfud menuturkan, saat ini pemerintah tetap menggunakan pendekatan kesejahteraan terhadap masyarakat di Bumi Cenderawasih. Sedangkan untuk menangani KKB, pemerintah menggunakan pendekatan ketertiban dan keamanan (kamtibmas) lewat penegakan hukum.

"Pendekatan Papua tetap mengutamakan pendekatan kesejahteraan. Sementara di bidang hankam (pertahanan dan keamanan), kita menggunakan pendekatan ketertiban dan keamanan, itu biasa penegakan hukum," ujarnya.

Dalam kontak senjata yang terjadi pada akhir pekan lalu, polisi menyita 3 pucuk senjata api laras panjang serta 5 senjata tajam, selain menembak mati 4 anggota KKB pimpinan Lekagak Telenggen. Dari hasil identifikasi, 4 anggota KKB yang tewas adalah Pentium Muda Waker (45), Moni Waker (30), Lani Magai (30), dan seorang perempuan bernama Lera Magai (28).

(aud/aud)