LIPI Tutup Kebun Raya Bogor akibat Wabah Virus Corona

Audrey Santoso - detikNews
Rabu, 18 Mar 2020 17:26 WIB
Angin kencang yang melanda wilayah Bogor membuat banyak pohon di Kebun Raya Bogor ditutup sementara. Namun, kini tempat wisata itu kembali dibuka untuk umum.
Kebun Raya Bogor (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menutup Kebun Raya Bogor akibat wabah virus Corona COVID-19. Penutupan ini bersifat sementara sebagai langkah antisipasi penyebaran virus di ruang publik.

"Penutupan sementara akan dilakukan mulai Kamis, 19 Maret, hingga Selasa, 31 Maret, dan akan dibuka kembali setelah melihat perkembangan situasi," ujar Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko dalam keterangan pers, Rabu (18/3).

Selain Kebun Raya Bogor, LIPI menutup Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, dan Kebun Raya 'Eka Karya' Bali. Untuk diketahui ketiga kebun raya itu berada di bawah pengelolaan LIPI.

"LIPI berkewajiban menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat dan partisipasi aktif mencegah penyebaran COVID-19 secara lebih luas," ujar Handoko.

Sementara itu, Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI, R Hendrian, menyampaikan bahwa pihaknya akan melakukan penyemprotan disinfektan di keempat kebun raya selama masa penutupan sementara. Dia juga memastikan koleksi tumbuhan di kebun raya tak akan terabaikan selama masa penutupan.

"Selama penutupan, akan dilakukan langkah-langkah pencegahan, seperti penyemprotan desinfektan ke seluruh fasilitas publik di Kebun Raya. Selama penutupan juga akan dilakukan mekanisme pengaturan kerja pegawai agar koleksi tumbuhan Kebun Raya tetap terawat," ucap Hendrian.

"Sehingga ketika nanti dibuka kembali Kebun Raya tetap nyaman, rapi, dan dalam kondisi terpelihara baik untuk dikunjungi masyarakat," sambung dia.

(aud/fjp)