Kelengkapan Syarat Cawagub DKI Akan Diumumkan Sore Ini

Dwi Andayani - detikNews
Rabu, 18 Mar 2020 16:20 WIB
Balai Kota DKI, Balai Kota Pemprov DKI, Pemprov DKI
Foto: Balai Kota DKI (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta -

Panitia Pemilihan (Panlih) Cawagub DKI Jakarta akan mengumumkan penetapan keterpenuhan syarat Cawagub DKI. Pengumuman ini disebut akan dilakukan sore ini.

"Hari ini tahapannya terakhir, setelah wawancara kami akan penetapan nanti sore," ujar Ketua Panlih Farazandi Fidinansyah, di Kantor DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (18/3/2020).

Farazandi mengatakan, proses wawancara pada tahap akhir ini terdiri dari dua materi. Diantaranya verifikasi faktual dokumen yang diserahkan hingga proses tanya jawab.

"Tahapan wawancara ada 2, satu verifikasi faktual terhadap berkas dokumen administrasi yang sudah diserahkan kemarin. Di Panlih udah veri, keduanya memenuhi syarat, difaktual bener nggak nih, ini yang dokumen sama aslinya fisik sama nggak," kata Farazandi.

"Kedua, dialog dan tanya jawab antara tim panlih dengan cawagub untuk menilai, mengetahui kemampuan cawagub yang nanti akan ditetapkan untuk dipilih pada Rapur pemilihan, itu aja sih," sambungnya.

Farazandi mengatakan, nantinya pemilihan akan dilakukan sesuai dengan tata tertib dewan. Dimana pemilihan dilakukan seperti pemilihan umum (Pemilu), yaitu dengan mencoblos surat suara.

"Kami mengacu pada tatib dewan yang ada, dan setelah dibahas tertuang di situ dengan cara dicoblos. Jadi seperti pemilu yang ada kertas suara, ada foto, ada nomor, nama, kita coblos di situ," tuturnya.

Digelar 23 Maret, Pemilihan Wagub DKI Terapkan Social Distancing:

Selanjutnya
Halaman
1 2