Hingga Saat Ini di Riau Belum Ditemukan Pasien Positif Corona

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 18 Mar 2020 14:56 WIB
Gubernur Riau, Syamsuar melakukan telekonferensi dengan pemda terkait pencegahan wabah Corona (dok. Istimewa)
Gubernur Riau Syamsuar melakukan telekonferensi dengan pemda terkait pencegahan wabah Corona. (Foto: dok. Istimewa)
Pekanbaru -

Gubernur Riau Syamsuar melakukan telekonferensi dengan seluruh pemkab dan pemkot terkait pencegahan wabah Corona (COVID-19). Dari acara tersebut, diketahui hingga hari ini belum ditemukan kasus Corona di Riau.

Telekonferensi ini juga dihadiri Wagub Riau Edy Natar Nasution dan jajaran Pemprov Riau lainnya di kediaman Gubernur Riau, Jl Diponegoro, Pekanbaru, Rabu (18/3/2020). Acara ini melibatkan 10 pemkab dan 2 pemkot.

"Dari acara tersebut seluruh pemkab dan pemkot melaporkan bahwa di daerah masing-masing hingga hari ini belum ada yang positif terkena virus Corona," kata Kepala Infokom Pemprov Riau Chairul Riski kepada detikcom.

Namun, sambung Riski, dalam pencegahan dilaporkan dari Pemkab Bengkalis telah menutup pelabuhan internasional.

"Dari laporan Pemkab Bengkalis disampaikan bahwa pelabuhan internasional saat ini dihentikan untuk sementara waktu. Di sana sudah mendirikan posko kesehatan dan rumah sakit sudah menyediakan ruang isolasi," kata Riski.

Masih menurut Riski, Pemkot Dumai, yang terpaut 200 km sebelah utara Pekanbaru, juga sudah menutup pelabuhan internasional sementara waktu.

"Tadi hanya ada tiga kabupaten yang tidak bisa tersambung dalam telekonferensi ini. Ketiganya Pemkab Meranti, Rokan Hilir, dan Rokan Hulu," terang Riski.

Laporan dari sejumlah pemkab dan pemkot se-Riau, lanjut Riski, seluruhnya telah meliburkan sekolah. Selain itu, pemda mengimbau masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah.

Terkait Pemkab Inhu belum meliburkan siswa SD dan SMP, menurut Riski, hal itu menjadi kewenangan pemerintah setempat.

"Kalau untuk SMA sederajatnya karena kewenangan Pemprov Riau sudah diliburkan. Kalau masih ada SD dan SMP di sana belum diliburkan. Untuk kewenangan, kami serahkan ke pemerintah setempat," kata Riski.

Sekalipun hingga hari ini belum ada satu warga di Riau terkena virus Corona, sambung Riski, Pemprov Riau menetapkan siaga darurat Corona.

"Dari laporan dinas kesehatan se-Riau, kami masih negatif virus Corona. Gubernur Riau mengharapkan semua pihak untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, hindari tempat keramaian, dan selalu jaga kesehatan dan kebersihan," tutup Riski.

Memahami Lockdown dan Pembatasan Sosial:

[Gambas:Video 20detik]



(cha/jbr)