Tinjau UNBK SMK, Gubernur Sulsel Cek Sterilisasi Siswa untuk Cegah Corona

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Rabu, 18 Mar 2020 13:21 WIB
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah
Bupati Sulsel Nurdin Abdullah (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Makassar -

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di sejumlah SMK di Makassar. Nurdin mengecek proses sterilisasi siswa demi mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).

Nurdin didampingi Plt Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Basri mengunjungi pelaksanaan UNBK di SMK 8 Makassar, SMK 6 Makassar, dan SMK 2 Makassar. Saat masuk ke wilayah sekolah, Nurdin mengecek ada-tidaknya hand sanitizer.

"Semuanya sudah pakai ini (hand sanitizer)?" tanya Nurdin kepada siswa yang akan mengikuti UNBK sesi kedua di SMK 8 Makassar.

Nurdin menegaskan setiap siswa harus mensterilkan tangan dengan hand sanitizer sebelum masuk ke ruangan ujian. Selain itu, harus ada alat pendeteksi hawa panas tubuh atau thermal scanner di setiap sekolah.

"Kita beri semangat anak-anak kita bahwa alhamdulillah Sulsel kita masih dalam kondisi negatif (Corona). Ya tentu kita berharap anak-anak kita juga bisa tetap semangat mengerjakan soal-soal," ujarnya.

Nurdin menegaskan Sulsel masih akan melaksanakan proses UNBK sesuai jadwal yang ditetapkan karena belum ada kasus positif Corona. Siswa hingga guru diminta tertib menjaga kebersihan dan kesehatan.

"Silakan kita laksanakan, tetapi kita disiplin, yang pertama adalah tangan harus bersih, lewat sterilisasi," tuturnya.

Namun, dalam kunjungannya, Nurdin menemukan ada sekolah yang belum menerapkan alat pendeteksi hawa panas tubuh karena keterbatasan alat. Untuk itu, dia meminta Kadis Kesehatan Sulsel Ichan Mustari segera mengadakan alat pendeteksi hawa panas tubuh di sekolah yang melaksanakan UNBK.

"Itu segera kita adakan, karena memang kosong. Bayangkan, dulu harganya hanya Rp 500 ribu sekarang sudah Rp 6 juta. Tapi bagi kita harga tidak jadi soal, yang penting barangnya ada, makanya saya perintahkan tadi Kadis Kesehatan supaya segera adakan itu dan berikan kepada semua sekolah," imbuhnya.

"Kita butuh 500 di seluruh Sulawesi Selatan, sudah ada sebagian (yang dipasang). Yang memiliki mereka gunakan," pungkasnya.

Tim Pakar: COVID-19 Bisa Sembuh Sendiri Meski Tak Sadar Terinfeksi:

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/dhn)