Ngabalin soal Wabah Corona: Cara Tuhan Ingatkan Pola Hidup Sehat

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Rabu, 18 Mar 2020 12:59 WIB
Ali Mochtar Ngabalin (Foto: Rahel/detikcom)
Ali Mochtar Ngabalin (Rahel/detikcom)
Jakarta -

Tenaga Ahli KSP Ali Mochtar Ngabalin meyakini wabah virus Corona (COVID-19) adalah cara Tuhan untuk mengingatkan manusia agar melakukan pola hidup sehat. Penyebaran wabah menuntut siapa saja berperilaku hidup sehat agar tak terjangkit virus ini.

"Saya percaya ini adalah cara Tuhan dalam mengingatkan kita, bangsa Indonesia, supaya pola makan, pola hidup harus diubah," kata Ngabalin di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (18/3/2020).

Selain itu, Ngabalin menyebut wabah COVID-19 dapat dimaknai sebagai pemersatu bangsa. Menurutnya, masyarakat akan bersatu menghadapi masalah ini.

"Dan yang lebih terpenting cara Tuhan membuat kita untuk bersatu dalam situasi kehidupan bangsa dan negara seperti hari ini," ujar Ngabalin.

Data terbaru COVID-19 berikut ini dihimpun dari keterangan juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, yang menyampaikan keterangan lewat siaran langsung di akun YouTube BNPB Indonesia, Selasa (17/3) sore, ditambah keterangan dari situs Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, dan berita mancanegara terkait perkembangan WNI yang terpapar COVID-19 di luar negeri.

Angka positif COVID-19 pada Senin (16/3) adalah 134 kasus. Angka positif COVID-19 yang diumumkan pada Selasa (17/3) kemarin menjadi 172 kasus. Berarti ada lonjakan 38 kasus positif COVID-19 dalam sehari.

Tambahan kasus positif COVID-19 terbanyak berasal dari Provinsi DKI Jakarta, disusul Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Provinsi Kepulauan Riau. Jumlah pasien sembuh dari COVID-19 bertambah satu, dari yang semula berjumlah 8 orang kini menjadi 9 orang. Kasus positif COVID-19 yang meninggal dunia pun bertambah menjadi 7 orang.

Memahami Lockdown dan Pembatasan Sosial:

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)