Round-Up

Foto Lama Salam Komando Menhub Dikaitkan Corona

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 17 Mar 2020 21:30 WIB
Viral pria tertular Corona usai salam komando dengan Menhub Budi ternyata hoax belaka (dok. Istimewa)
Viral pria tertular Corona setelag salam komando dengan Menhub Budi ternyata hoax belaka. (Foto: Istimewa)
Palembang -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sudah dinyatakan terjangkit COVID-19. Kini muncul foto lama salam komando Budi Karya yang dikaitkan dengan Corona.

Pemerintah mengumumkan langsung status medis Budi Karya. Memang, sebelumnya Budi Karya disebut-sebut masuk rumah sakit. Menhub disebut menderita tifus, namun kemudian pemerintah melalui Mensesneg Pratikno menginformasikan Budi Karya terkena virus Corona.

"Atas izin keluarga yang disampaikan oleh Pak Kepala Rumah Sakit Gatot Soebroto tadi adalah Pak Budi Karya, Pak Menhub. Ini kami sampaikan atas izin keluarga," kata Pratikno di gedung Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Sabtu (14/3/2020).

Baru-baru ini, muncul foto lama Menteri Budi Karya yang dikaitkan dengan Corona. Foto itu terlihat seorang pria disebut terjangkit virus Corona setelah bersalaman dengan Budi Karya.

Foto tersebut kemudian viral di media sosial. Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru memastikan info tersebut hoax.

Herman mengatakan foto tersebut dinarasikan berada di daerah Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel. Padahal, dari foto tersebut, lokasinya ada di Parepare, Sulawesi Selatan.

Herman memastikan informasi tersebut setelah dirinya mengkonfirmasi ke pejabat Kemenhub. Dia mengatakan foto yang beredar itu diambil satu tahun lalu saat Budi Karya kunjungan kerja ke Parepare.

"Pria itu inisial M, pria Parepare seorang ojol dan sakit di dalam foto adalah sakit satu tahun lalu. Ini saya lihatnya beredar di media sosial dan sudah dikonfirmasi ke Dirjen Hubungan Darat di Kemenhub," kata Herman saat rapat koordinasi Satgas Corona di Pemprov Sumsel, Senin (16/3).

Di foto itu, si pria tampak berpose salam komando dengan Budi Karya. Herman mengatakan narasi hoax yang dibangun dalam foto itu membuat gaduh masyarakat. siur," kata Herman Deru.

"Corona itu memang bahaya, tapi bahaya lagi turunannya. Lihat saja itu kegaduhan dan kepanikan, tentu kita harus hati-hati," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2