5 Pembunuh Anggota Pemuda Pancasila di Medan Divonis 6 Tahun Penjara

Datuk Haris Molana - detikNews
Selasa, 17 Mar 2020 17:18 WIB
Sidang vonis kasus pembunuhan anggota Pemuda Pancasila di Medan.
Sidang vonis kasus pembunuhan anggota Pemuda Pancasila di Medan. (Datuk Haris/detikcom)

Sementara itu, Wakil Ketua Badan Penyuluhan dan Pembelaan Hukum (BPPH) MPC PP Kota Medan, Amrizal, mengapresiasi putusan hakim. Dia menilai tuntutan 4 tahun penjara terlalu rendah.

"Di mana tuntutan jaksa 4 tahun, hakim menunjuk keadilan mana yang benar sesuai hukum yang berlaku. Tidak matinya lonceng keadilan," sebut Amrizal.

Dalam dakwaan, kasus ini disebut bermula pada Minggu, 8 September 2019, sekitar pukul 16.30 WIB, setelah kegiatan Rapat Pemilihan Pengurus Pemuda Pancasila Anak Ranting Pangkalan Mansyur di Kantor Kelurahan Pangkalan Mansyur.

Korban Syahdilla bersama beberapa temannya dari ormas PP saat itu disebut pergi menuju warung di Jalan Eka Rasmi untuk bersilaturahmi dengan ormas IPK. Mereka juga hendak menanyakan soal spanduk milik ormas PP yang dicopot oleh ormas IPK.

Namun malah terjadi cekcok dan berujung bentrokan yang mengakibatkan korban meninggal dunia. Syahdilla disebut tewas karena dibacok dan dipukuli.

Kasus ini kemudian bergulir ke ranah hukum. Usai sidang tuntutan, massa PP dan IPK sempat bergantian menggelar demonstrasi di depan Kejaksaan Tinggi Sumut.


(idh/idh)