Cegah Corona, Sumatera Jungle Run di Riau Ditunda

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Selasa, 17 Mar 2020 17:14 WIB
Lomba lari Gombengsari Plantation Run
Ilustrasi (Ardian Fanani/detikcom)
Pekanbaru -

Rencana Sumatera Jungle Run (SJR) lomba lari maraton yang akan dilaksanakan di Riau pada April mendatang akhirnya ditunda. Keputusan ini demi antisipasi wabah COVID-19.

"Berkaitan dengan perkembangan wabah COVID-19 yang dinyatakan WHO sebagai pandemi dan telah dinyatakan pemerintah sebagai bencana nasional. Juga berdasarkan arahan presiden dan pihak terkait untuk meniadakan kegiatan pengumpulan massa. Maka lomba Sumatera Jungle Run 2020 diputuskan ditunda," kata Ketua Panitia SJR, dr Wan Noveriza dalam siaran persnya kepada detikcom, Selasa (17/3/2020).

Noveriza menjelaskan, lomba akan digelar hingga pemerintah mencabut status bencana nasional dan situasi telah terkendali. Untuk tanggal pelaksanaan lomba akan diumumkan secepatnya.

"Bagi kami kesehatan peserta, panitia, pihak sponsor, instansi dan semua pihak yang terlibat adalah prioritas utama. Kami bertanggung jawab dan peduli atas keselamatan kita bersama," katanya.

Pihak panitia, kata Noveriza, akan memberi kesempatan untuk refund. Panitia menyatakan telah siap 100 persen untuk menyelenggarakan SJR 2020, namun wabah Corona yang terjadi merupakan force majeure.

"Permohonan refund dilakukan dengan cara menulis email maksimal pada 23 Maret 2020. Proses pembayaran refund kami lakukan bertahap maksimal 6 April," tutup Noveriza.

Sebelumnya diberikan, acara ini digelar dalam rangka kampanye Riau bebas Karhutla. Pelaksanaan direncanakan 11 April 2020 di Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Syarif Kasim di Kabupaten Siak.

(cha/jbr)