Kapal Pesiar Angkut Turis Asing Akan Sandar di Timika, Pemda Siaga

Saiman - detikNews
Selasa, 17 Mar 2020 14:43 WIB
Kapal Pesiar KM Damai yang membawa Turis Asing akan bersandar di Pelabuhan Nusantara Pomako Timika.
Foto: Kapal Pesiar KM Damai yang membawa Turis Asing akan bersandar di Pelabuhan Nusantara Pomako Timika. (Saiman-detikcom)
Timika -

Kapal Pesiar KM Damai jenis Pinisi yang membawa Turis Asing akan bersandar di Pelabuhan Nusantara Pomako Timika. Penumpang kapal dari Sorong, Papua Barat itu akan dicek kesehatannya sebelum mendarat.

Kepala Sahbandar Pomako Husni Anwar mengatakan, kapal KM Damai membawa warga asing dari Sorong. Dia telah berkoordinasi dengan pihak terkait termasuk dengan KKP, Kepolisian, TNI untuk memeriksa para penumpang untuk pencegahan virus Corona.

"Kita siaga dan melakukan pemantauan, kami dari sahbandar telah berkoordinasi dengan KKP, pemda, pihak TNI maupun Polri, juga Imigrasi," Kata Husni di Timika, Selasa (17/3/2020).

Husni Anwar mengatakan kapal KM Damai membawa 8 orang asing dari Sorong. Pihaknya akan menyemprotkan disinfektan untuk pencegahan virus Corona.

"Ada 8 orang asing kita belum tau asal negaranya, tim dari KKP akan melakukan penyemprotan terhadap penumpang kapal," Kata Husni.

Suhu badan para turis asing akan diperiksa. Saat ini tim tengah mendekat ke kapal KM Damai untuk melakukan pemeriksaan.

Pemerintah memang gencar memeriksa kesehatan turis asing yang datang. Sebelumnya, kapal pesiar juga ditolak masuk ke sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan hingga Kalimantan Tengah.

Tonton juga BNPB Tetapkan Masa Darurat Bencana Corona Hingga 29 Mei 2020 :

[Gambas:Video 20detik]



(idh/idh)