Cerita WNI Dievakuasi dari Wuhan, Sempat Sedih Dijemput 'Minions'

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 17 Mar 2020 12:33 WIB
238 WNI yang dievakuasi dari Wuhan, China, sudah tiba di Batam. Mereka lantas dipindahkan ke 3 pesawat TNI AU yang akan membawanya ke Natuna.
Dokumentasi WNI dari Wuhan yang dievakuasi Pemerintah RI (Foto: Kemlu RI)
Jakarta -

Sejumlah warga negara Indonesia (WNI) yang telah tuntas menjalani observasi di Pulau Natuna berbagi cerita. Para WNI itu dievakuasi dari Wuhan, China, saat virus Corona (COVID-19) mulai mewabah.

Seorang WNI perempuan menceritakan saat awal dijemput tim pemerintah di Wuhan. Dia mengaku sempat sedih. Kenapa?

"Melihat yang menjemput kita pakai baju 'Minions', seperti kita hama, awalnya merasa sedih, tapi setelah tahu kita ini standar WHO, lihat mereka, pilot menyambut, bapak-bapak TNI, Kemenkes, semua, Kemenlu, BNPB, semua yang ada di sana itu sangat ngebuat kita tenang, menyemangati kita, tim psikologi kita selalu hadir di Natuna, apa segala macam," ujar WNI itu seperti dilihat di akun resmi YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/3/2020).

"Itu saya sudah dari kalau kata lebih dari terima kasih, saya bisa ucapin deh," sambungnya.

Seorang WNI lainnya mengaku selalu mengikuti perkembangan informasi Tanah Air saat itu. Dia mengaku bahagia saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan evakuasi bagi mereka.

"Kami melihat dari media, terutama mainstream, di Indonesia bahwa presiden sudah menetapkan bahwa WNI di Wuhan akan dievakuasi. Wah itu luar biasa, luar biasa, itu bahagianya luar biasa," ujar seorang WNI lainnya.

Seorang perempuan WNI lainnya mengatakan aksi pemerintah cukup bagus. Dia menilai koordinasi pemerintah saat mengevakuasi patut diapresiasi.

"Hebat banget, diskusi dan kerja sama satu lainnya itu juga sangat koordinasinya keren sih. Buktinya kita bisa dievakuasi," imbuhnya.

Para WNI dari Wuhan ini telah dievakuasi oleh pemerintah pada Minggu (1/2). Mereka dikarantina di Natuna selama 14 hari untuk dinyatakan bebas dari virus Corona. Pada (15/2) para WNI ini selesai menjalankan karantina dan diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing.

(rfs/dhn)