ADVERTISEMENT

Seluk Beluk Lockdown, Opsi yang Diambil Sejumlah Negara Terpapar Corona

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 17 Mar 2020 11:46 WIB
ilustrasi corona
Foto: ilustrasi corona (dok detik)
Jakarta -

Virus Corona jadi pandemi dan terus menyebar ke berbagai negara. Lockdown merupakan salah satu cara untuk membatasi penularan penyakit COVID-19 ini. Di Indonesia, pemerintah belum berpikir untuk menerapkan lockdown.

Merujuk pada definisi kamus Merriam Webster, lockdown artinya ialah mengurung warga atau sebagian warga untuk sementara demi menjaga keamanan. Lockdown juga diartikan sebagai tindakan darurat di mana orang-orang dicegah meninggalkan atau memasuki suatu kawasan untuk sementara, demi menghindari bahaya.


Lockdown jadi opsi kebijakan yang diambil oleh beberapa negara-negara terdampak virus Corona. Mulai dari China, Italia, Perancis dan yang terbaru Malaysia, telah melakukan lockdown demi membatasi penularan virus ini.

Indonesia Belum akan Melakukan Lockdown

Jumlah sementara kasus Corona di Indonesia telah mencapai 134 kasus. Kendati demikian, pemerintah Indonesia belum memilih kebijakan lockdown guna membatasi penularan COVID-19 ini. Kebijakan ini merupakan wewenang pemerintah pusat.

"Perlu saya tegaskan bahwa kebijakan lockdown baik di tingkat nasional maupun di tingkat daerah adalah kebijakan pemerintah pusat. Kebijakan ini tidak boleh diambil pemerintah daerah," kata Presiden Jokowi melalui video yang disiarkan Sekretariat Presiden di Istana Bogor, Bogor, Senin (16/3/2020).


"Dan sampai saat ini tidak ada kita berpikiran ke arah kebijakan lockdown," lanjut Jokowi.

Meskipun begitu, Pemkot Malang sempat akan melakukan lockdown. Namun akhirnya kebijakan ini dianulir dan direvisi.

Tonton juga Berikut Negara-negara yang Lockdown Gegara Wabah Corona :



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT