Madrasah Kini Miliki e-Learning, Apa Saja Fiturnya?

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Selasa, 17 Mar 2020 11:11 WIB
Kantor Kementerian Agama / Kemenag
Kantor Kemenag (Foto: Dok. Kemenag)
Jakarta -

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, A Umar mengatakan Kementerian Agama (Kemenag) telah mulai menerapkan e-Learning Madrasah. Menurutnya, e-Learning tersebut sudah digunakan di ribuan madrasah di Indonesia.

"Saat ini, sudah lebih dari ribuan madrasah dengan puluhan ribu guru dan siswa yang telah menggunakan e-learning Madrasah," ujar Umar dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/3/2020).

Umar menjelaskan, dalam e-Learning ini terdapat berbagai fitur yang bisa digunakan oleh guru dan siswa. Tujuan sistem ini dibuat untuk memudahkan siswa mendapat informasi pembelajaran.

"Dalam e-Learning Madrasah, siswa-siswi mendapatkan beragam fitur yang mampu memudahkan mereka mendapatkan informasi serta pembelajaran dengan cepat," ucapnya.

Umar merinci, ada tiga fitur unggulan dalam e-Learning Madrasah. Pertama ada Kelas Online, fitur ini berisi konten pembelajaran, pembuatan standar kompetensi, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Selain itu, ada juga mengenai materi pembelajaran, jurnal guru, pengolahan penilaian harian, ujian berbasis komputer (CBT) dan pengolahan nilai rapor.

Kedua, ada Guru Berbagi, Umar mengatakan, fitur ini disediakan untuk para guru madrasah untuk saling berbagi informasi dan kreativitasnya. Cara berbagi informasinya pun cukup dengan mengunggahnya saja melalui aplikasi. Selain itu, disediakan juga fasilitas komentar dan menyukai sebagai sarana interaksi para guru.

Selanjutnya
Halaman
1 2