Cegah Corona, Dukcapil: Tunda Urus Dokumen Kependudukan Jika Tak Urgen

Yulida Medistiara - detikNews
Selasa, 17 Mar 2020 11:05 WIB
Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh
Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh (Foto: dok. Kemendagri)
Jakarta -

Pemerintah mengimbau masyarakat tetap berada di rumah sambil bekerja dari rumah untuk mencegah penyebaran virus Corona. Ditjen Dukcapil Kemendagri mengimbau masyarakat juga menunda ke luar rumah untuk mengurus dokumen kependudukan jika tidak terlalu mendesak.

"Kunci di China yang sukses melawan Corona salah satunya adalah melakukan upaya 'jaga jarak', tidak saling bertemu, tidak berkumpul. Bahasa lainnya adalah social distancing measures. Bekerja dari rumah, belajar di rumah dimaksudkan untuk menghindari dari penularan dan menularkan COVID-19. Keselamatan kita utamakan," kata Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh, dalam keterangannya, Selasa (17/3/2020).

"Kami mengimbau seluruh masyarakat yang tidak sangat urgen untuk menunda dulu mengurus dokumennya ke Dinas Dukcapil," sambungnya.

Adapun beberapa dokumen kependudukan misalnya kartu keluarga (KK), kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), surat keterangan kependudukan, akta pencatatan sipil, surat keterangan kelahiran, surat keterangan kematian, dan lainnya. Zudan mencontohkan beberapa dokumen kependudukan bisa diurus menggunakan antrean online.

Tonton juga Berikut Negara-negara yang Lockdown Gegara Wabah Corona :

Selanjutnya
Halaman
1 2