Gubernur Sumsel: Pria Kena Corona Usai Salaman dengan Menhub Hoax, Usut!

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 17 Mar 2020 09:40 WIB
Gubernur Sumsel Herman Deru (Raja Adil Siregar/detikcom)
Foto: Gubernur Sumsel Herman Deru (Raja Adil Siregar/detikcom)
Palembang -

Foto seorang driver ojek online positif Corona usai salam komando dengan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, viral di media sosial. Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru memastikan kabar tersebut hoax dan meminta pelaku ditangkap.

"Terkait Covid-19 ini banyak sekali kabar-kabar bohong atau hoax yang bereda. Ini yang terbaru pria salam komando sama Menhub, itu hoax," tegas Herman Deru di Palembang, Selasa (17/3/2020).

Menurut Herman Deru, kabar bohong itu harus segera diusut. Sebab hal itu sudah menimbulkan keresahan di masyarakat, khususnya di Sumatera Selatan.

"Harus diusut, ini ada Pak Kapolda. Nanti bisa diproses. Ini juga tanggung jawab di Kominfo, jangan sampai membuat resah masyarakat," katanya.

Sementara Kapolda Irjen Priyo Widyanto mengaku akan segera memburu pelaku. Bahkan pihaknya akan menurunkan tim khusus untuk memburu pelaku.

"Terima kasih untuk informasinya terkait penyebaran berita-berita hoax, ini sudah kita sampaikan dan reskrim juga segera bergerak. Kita minimalisir agar berita ini tidak tersebar luas," kata Priyo.

Diketahui, foto pria berinisial M yang juga warga Parepare ini viral sejak kemarin di media sosial. Disebut pria tersebut positif Corona setelah salam komando dengan Menhub.

Usut punya usut, foto itu ternyata diambil satu tahun lalu. Sementara foto terbaring di ranjang rumah sakit adalah foto lama, namun disebut berada di rumah sakit di Kota Lubuklinggau dan OKI, Sumatera Selatan.

(ras/gbr)