Round-Up

Sesal Pembuat Hoax TKA China Masuk Kendari di Tengah Wabah Corona

Tim detikcom - detikNews
Senin, 16 Mar 2020 22:52 WIB
Di tengah wabah virus Corona, beredar video yang menarasikan kedatangan puluhan warga negara asing (WNA) asal China di Bandara Haluoleo, Kendari. Polisi turun tangan, dan menangkap pelaku penyebar video yang diketahui mengandung konten hoax.
Hardiono diamankan polisi. (20detik)
Jakarta -

Hardiono (39), warga Desa Onewila, Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), diamankan polisi karena menyebarkan video yang berisi informasi bohong atau hoax. Hardiono menyesal telah menyebarkan video tersebut.

Kasus Hardiono berawal dari penyebaran video kedatangan puluhan WNA di Bandara Haluoleo Kendari yang kemudian menjadi viral. Para WNA itu diketahui merupakan tenaga kerja asing.

Hardiono membuat narasi ada puluhan TKA asal China datang ke Kendari. Video ini kemudian memicu kontroversi dan keresahan di tengah wabah virus Corona. Pasalnya virus Corona berasal dari China.

Kapolda Sultra Brigjen Merdisyam membenarkan soal kedatangan WNA tersebut. Merdisyam menyebut mereka merupakan tenaga kerja asing dari perusahaan tambang.

"Kami sudah lakukan pengecekan langsung, iya benar mereka (TKA) dari perusahaan smelter yang ada di Sultra," katanya saat dimintai konfirmasi detikcom, Minggu (15/3/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3