Gubernur Sulsel Bentuk Gugus Tugas Cegah Corona, Keramaian Ditiadakan!

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Senin, 16 Mar 2020 19:33 WIB
Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah dalam  Rapat Pimpinan (Rapim) TA 2020 Kodam XIV/Hasanuddin
Foto: Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TA 2020 Kodam XIV/Hasanuddin. (Noval-detikcom)
Makassar -

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah membentuk gugus tugas untuk mencegah ada kasus positif Corona di Sulsel. Seluruh agenda yang mengundang keramaian warga ditiadakan.

"Kita juga membentuk gugus tugas untuk pencegahan. Kami minta kepala BPBD (ketuanya) dengan dibantu oleh Kepala Dinas Kesehatan, dan beberapa yang terkait lainnya," kata Nurdin di Makassar, Senin (16/3/2020).


Nurdin menyebut gugus tugas dibentuk setelah pihaknya berkoordinasi Polda Sulsel, Kodam XIV/Hasanuddin, DPRD Sulsel, BIN, Kejati Sulsel, hingga kepala Rumah Sakit di Sulsel. Di antara tugas gugus tugas tersebut adalah memperketat pintu masuk ke Sulsel serta meniadakan kegiatan yang mengundang keramaian.

"Bandara bukan hanya (Bandara Sultan Hasanuddin) Makassar, bandara-bandara yang lain pun itu menjadi concern kita. Termasuk pelabuhan dan seluruh kegiatan-kegiatan yang mendatangkan orang itu kita tunda, kita sudah putuskan untuk menunda," ujarnya.

"Agenda-agenda nasional termasuk agenda internasional di Makassar ini semuanya kita tunda. Ada perayaan HUT kabupaten juga tertunda semua. Jadi sesuai arahan Bapak Presiden supaya tidak membuat acara-acara yang tidak mengumpulkan orang," lanjutnya.


Selain itu, Nurdin juga telah memerintah Pj Walkot Makassar Iqbal Suhaeb dan pemerintah kabupaten/kota lainnya untuk menyetop tempat-tempat hiburan malam sampai batas waktu yang ditentukan.

"Jadi kita sudah menugaskan kepada gugus tugas kita untuk terus menjaga Sulawesi Selatan ini (dari corona). Termasuk dibackup oleh Pak Kapolda, Pak Pangdam, Kabinda, dan seluruh unsur Forkompida yang lain," tegasnya.

Hari ini Nurdin juga kembali mengeluarkan surat edaran untuk mencegah penyebaran virus corona masuk ke Sulsel. Berikut surat edaran terbaru yang diteken Nurdin untuk mencegah Corona masuk ke Sulsel:

Gubernur Sulsel Bentuk Gugus Tugas Cegah Corona, Keramaian Ditiadakan!Foto: Edaran terbaru Nurdin Abdullah (Dok. Istimewa)
(nvl/gbr)