23 Orang Kontak Pasien Kasus 25 yang Meninggal, Semua Negatif Corona

Angga Riza - detikNews
Senin, 16 Mar 2020 19:15 WIB
Gubernur Bali I Wayan Koster (Angga Riza/detikcom)
Foto: Gubernur Bali I Wayan Koster (Angga Riza/detikcom)
Denpasar -

Pelacakan atas pasien Corona kasus nomor 25, diketahui ada 23 orang yang pernah berinteraksi. Uji laboratorium atas 23 orang tersebut hasilnya negatif, termasuk suami dari pasien kasus 25 yang merupakan warga negara asing (WNA) tersebut.

"Sudah ada satu yang positif, tapi suaminya negatif, padahal setiap hari tidur bareng dari berangkat sampai Bali hasil labnya negatif. 23 orang yang pernah berhubungan dengan pasien tersebut juga sudah keluar hasilnya negatif semua, jadi aman," kata Gubernur Bali I Wayan Koster kepada wartawan saat jumpa pers di rumah Dinas Gubernur Bali Jayasabha, Denpasar, Senin (16/3/2020).

Sementara itu, terkait dengan warga Semarang yang dinyatakan positif Corona dan mempunyai riwayat perjalanan ke Bali. Koster meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) Bali melakukan penelusuran penginapannya.

"Kira-kira kan begini di sini tidak nyampe di sana dia kena kan gitu. Tapi musti dilacak ketika ada di Bali dia ada dimana menginap dimana saja berapa lama nah itu, sekarang akan di trace mesti di lacak," tambah Koster.

Sementara itu, Dinkes Bali mengatakan contact tracing akan dilakukan setelah diketahui lokasi menginap dari pasien posititf Corona tersebut.

"Ya kan identitasnya harus jelas kemudian di mana dia menginap. Kalau sudah jelas itu kita lakukan contact tracing dari contact tracing inilah kita periksa nanti termasuk labnya kita periksa," kata Kepada Dinas Kesehatan Bali I Ketut Suarjaya terpisah.

Sebelumnya diberitakan seorang warga Semarang diumumkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo positif Corona. Ganjar menyebutkan pasien dari Semarang tersebut mempunyai riwayat perjalanan ke Bali.

Sementara pasien kasus 25 merupakan WN Inggris berusia 53 tahun. Pasien juga mengidap komplikasi penyakit seperti hipertensi, hipertiroid, dan diabetes.

(jbr/jbr)