Kemlu: 3 WNI Peserta Tablig Akbar di Malaysia Positif Corona

Zunita Putri - detikNews
Senin, 16 Mar 2020 18:29 WIB
Plt Jubir Kemlu Teuku Faizasyah.
Plt Jubir Kemlu Teuku Faizasyah (Andhika/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Luar Negeri RI mengonfirmasi ada 3 warga negara Indonesia (WNI) dinyatakan positif terjangkit COVID-19 setelah mengikuti tablig akbar di Masjid Sri Petaling, Malaysia. Tiga WNI itu kini dirawat di RS Malaysia.

"Betul (tiga WNI positif Corona di tablig akbar Malaysia)," ujar Plt Juru Bicara Kemlu Teuku Faizasyah saat dikonfirmasi, Senin (16/3/2020).



Faizasyah mengatakan saat ini tiga WNI itu ditangani otoritas Malaysia. Menurut data Kemlu, kondisi tiga WNI tersebut stabil.

"Ketiganya dalam perawatan di rumah sakit setempat di Malaysia," jelasnya.


Untuk diketahui, otoritas Malaysia sebelumnya mengonfirmasi ada 10 ribu orang yang hadir dalam acara tablig akbar di Masjid Sri Petaling, Malaysia. Lima ribu orang di antaranya merupakan warga Malaysia dan sisanya dari beberapa negara.

Diperkirakan jemaah yang datang berasal dari beberapa negara, antara lain Indonesia, Filipina, Thailand, Vietnam, Singapura, Kamboja, Brunei Darussalam, China, India, Bangladesh, Myanmar, Aljazira, Tunisia, Jordan, Afrika Selatan, Australia, Arab Saudi, Korea Selatan, Gambia, Kanada, Selandia Baru, Jerman, Mesir, Tanzania, dan Jepang.


KBRI Kuala Lumpur, sebelumnya, juga meminta WNI yang mengikuti tablig akbar diperiksa ke rumah sakit. Hal itu tertuang dalam surat edaran KBRI Kuala Lumpur bahwa setiap WNI yang ikut tablig akbar tersebut agar melaksanakan imbauan Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM).

"WNI yang ikut dalam tablig akbar itu juga diminta segera melakukan pemeriksaan dan penanganan ke rumah sakit yang sudah ditetapkan Pemerintah Malaysia bila mengalami demam dan diikuti batuk dan gangguan pernapasan," tulis edaran tersebut seperti dilihat detikcom, Jumat (13/3).

(zap/gbr)