Wabah Corona Landa Prancis, KBRI Paris Pastikan Belum Ada WNI Positif

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 16 Mar 2020 18:28 WIB
Arrmanatha Nasir
Dubes Indonesia untuk Prancis, Arrmanatha Nasir (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Paris memastikan belum ada WNI yang terinfeksi virus Corona (COVID-19) di Prancis. KBRI Paris terus memantau dan mengimbau para WNI di Prancis.

"Kita melalui berbagai socmed dan website menyampaikan informasi keadaan dan imbauan ke WNI di Prancis terkait COVID-19. Sampai saat ini kita belum ada laporan terkait WNI yang terkena COVID-19," ujar Duta Besar Indonesia untuk Prancis, Arrmanatha Nasir, ketika dihubungi detikcom, Senin (16/3/2020).

Untuk mengantisipasi penyebaran virus yang semakin masif, KBRI Paris telah menyiapkan langkah-langkah guna melindungi para WNI dari virus Corona. Salah satu langkahnya adalah membuat satu grup komunikasi antar-KBRI dengan perwakilan WNI di Prancis agar sebaran informasi keadaan WNI bisa terpantau dengan baik.

"KBRI Paris dan KJRI Marseille telah aktifkan grup koordinasi sehingga secara langsung telah menghubungi perwakilan WNI, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI), dan Asosiasi Indonesia di Prancis untuk mendapatkan informasi terkini kondisi WNI di seluruh wilayah Prancis," demikian bunyi salah satu pernyataan tertulis dari KBRI Paris.

Arrmanatha juga mengatakan pihaknya telah membuat rencana kontingensi jika keadaan di Prancis semakin buruk. Ketika ditanya detail rencana kontingensi tersebut, dia tidak bersedia bicara lebih jauh. Dia hanya memastikan perlindungan WNI adalah hal yang menjadi prioritas jajarannya.