Antisipasi Corona, Bupati Anambas Larang ASN Apel-Absen Fingerprint

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Senin, 16 Mar 2020 18:16 WIB
Bupati Anambas Abdul Haris (Sachril Agustin/detikcom)
Foto: Bupati Anambas Abdul Haris (Sachril Agustin/detikcom)
Anambas -

Bupati Anambas Abdul Haris mengaku telah mengikuti instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pencegahan virus Corona di lingkungannya. Larangan untuk menggelar apel hingga absen dengan fingerprint sudah dia berikan.

"Dan juga upaya lain sesuai dengan surat edaran dan juga arah-arahan dari Pak Presiden dan Gubernur, kita juga menyampaikan kepada organisasi pemerintahan, yang biasanya pinjer, kita tidak pinjer lagi. Yang biasanya apel, kita tidak apel lagi," kata Abdul, di Anambas Resort, Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau, Senin (16/3/2020).

Sementara untuk larangan berlibur, Abdul mengatakan hal itu belum dilakukan. Sebab, menurut dia, Anambas bukanlah kota besar di mana banyak pendatang keluar masuk.

"Liburan kita belum, kita belum sampai ke arah liburan karena Anambas ini juga tidak seperti kota-kota besar di Indonesia lainnya. Keluar-masuk orang juga terbatas, melalui udara maupun melalui laut. Kalau darat kita tidak punya, cuma hanya melalui laut dan udara," ujarnya.

"Dan volume masyarakat sangat kecil. Itu pun yang mereka datang ke Anambas itu, paling jauh mereka datang dari Batam atau Tanjungpinang. Itupun cuma segelintir masyarakat saja," sambung Abdul.

Lebih lanjut, terkait dengan pengecekan suhu tubuh, Abdul mengatakan hal itu memang belum dilakukan. Namun, dia mengaku telah mengkoordinasikan terkait hal itu dengan Dinas Kesehatan.

"Dengan adanya tim ini kita bentuk, maka tim ini akan bekerja sesuai dengan prosedur dan SOP-nya, maka ini akan dilaksanakan pengecekan. Saya sudah menanyakan kepada dinas kesehatan pada alat pengecekan suhu itu, kita miliki itu. Maka ini akan dimanfaatkan nanti di dalam hal pengecekan-pengecekan, kedatangan masyarakat ke Kepulauan Anambas," tuturnya.

(mae/mae)