Sabang Aceh Tolak Turis Asing untuk Cegah Penyebaran Corona

Agus Setyadi - detikNews
Senin, 16 Mar 2020 14:58 WIB
Sabang
Sabang, Aceh. (Tamaagustaman/d'Traveler)
Banda Aceh -

Pemerintah Kota Sabang, Aceh, mulai menutup pintu bagi turis mancanegara yang ingin melancong ke ujung barat Indonesia itu. Wisatawan lokal masih dibolehkan liburan seperti biasa.

"Tamu atau wisatawan asing akan ditolak masuk ke Sabang sementara waktu ini, termasuk juga warga Sabang yang akan ke luar negeri akan dilarang melakukan kunjungan," kata Kepala Bagian Umum dan Humas Sekretariat Daerah Kota Sabang, Bahrul Fikri, kepada wartawan, Senin (16/3/2020).

Turis asing ditolak untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona (COVID-19). Selain itu, yacht yang ingin berkunjung ke Sabang bakal ditolak.

Sementara itu, yang sudah datang akan diizinkan terus berangkat ke kota tujuan selanjutnya. Bahrul menjelaskan kunjungan dan kegiatan luar daerah ditolak sementara.

"Selanjutnya pintu masuk ke kota Sabang akan diperketat. Masyarakat diimbau kedepankan perilaku hidup bersih dan sehat, instansi kesehatan dapat berkoordinasi apabila mendapati pasien dengan gejala serupa Corona," jelas Bahrul.

Menurut Bahrul, Pemko Sabang juga sudah meliburkan sekolah dan seluruh event ditunda. Bahrul meminta warga Sabang intens memeriksa kesehatan bila ada gejala demam, pilek, dan sejenisnya.

"Masyarakat Sabang diminta perbanyak doa kepada Allah SWT di meunasah dan di masjid-masjid," tutur Bahrul.

(agse/idh)