Terima Aduan Ada Sekolah di DKI dan Bekasi Tak Libur, KPAI Minta Ditindak

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Senin, 16 Mar 2020 14:21 WIB
Daily day in a class room at school. Child attending to the lesson on the blackboard
Ilustrasi sekolah (Foto: iStock)
Jakarta -

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menerima aduan berkaitan dengan masih adanya sekolah di DKI Jakarta dan Bekasi yang tidak meliburkan siswa serta menggelar kegiatan di luar sekolah. KPAI pun meminta ada tindakan tegas dari otoritas terkait mengenai aduan yang diterimanya itu.

"Dua pengaduan berasal dari Jakarta dan satu pengaduan dari Kota Bekasi. Dua pengaduan dari Jakarta berasal dari jenjang TK dan SD, sedangkan satu pengaduan dari jenjang SD di Kota Bekasi," kata Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti dalam keterangan tertulis pada Senin (16/3/2020).

Selain itu, ada satu sekolah jenjang taman kanak-kanak (TK) yang disebut Retno masih menggelar acara di Taman Impian Jaya Ancol. Retno mengatakan para orang tua siswa khawatir akan kegiatan itu.

"Adapun satu pengaduan berasal dari jenjang TK yang pada Jumat lalu (13/3), sekolahnya tetap melaksanakan kegiatan semacam pentas seni di Taman Impian Jaya Ancol, padahal para orang tua khawatir anaknya berada di kerumunan banyak orang seperti tempat wisata," jelas Retno.

Namun Retno mengatakan sekolah-sekolah itu merupakan swasta yang tidak dinaungi dinas pendidikan pemerintah daerah setempat. Meski begitu, dia tetap mendorong otoritas memberlakukan kebijakan serupa bagi sekolah swasta.

"KPAI mendorong penindakan tegas terhadap sekolah yang tidak mematuhi instruksi kepala daerah untuk meliburkan sekolah dengan berbagai alasan. Pihak Dinas Pendidikan setempat dapat melakukan BAP atau pemeriksaan kepada kepala sekolah dan jajarannya," tegas Retno.

Selanjutnya
Halaman
1 2