Ruang Isolasi RS Persahabatan Dipenuhi Warga yang Ingin Tes Corona

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Senin, 16 Mar 2020 11:52 WIB
RS Persahabatan. (Foto: Luqman/detikcom)
Foto: RS Persahabatan. (Foto: Luqman/detikcom)
Jakarta -

Ruang isolasi di RSUP Persahabatan dipenuhi warga yang ingin melakukan tes virus Corona (COVID-19). Warga berbondong-bondong datang untuk mengecek kesehatannya.

Pantauan detikcom, Senin (16/3/2020) sekitar pukul 10.19 WIB, puluhan pasien menunggu untuk pemeriksaan swab di ruang isolasi Pinere. Beberapa menunggu di bangku-bangku depan ruang tunggu orang dalam pemantauan (ODP) Pinere.

Ada juga pasien yang berdiri di depan ruang isolasi. Beberapa pasien membawa formulir berkas pendaftaran dari Gedung Edelweiss.

Namun, tak semua pasien memiliki riwayat kontak dengan pasien positif Corona atau pernah melakukan perjalanan ke luar negeri. Salah satu pasien yang enggan disebutkan namanya misalnya. Dia mengaku datang ke RS Persahabatan secara sukarela.

Sebab, sebelumnya dia pernah melakukan kontak dengan tetangganya yang memiliki riwayat perjalanan ke Jepang. Pria itu pun lantas berinisiatif memeriksakan diri karena mengalami sesak nafas.

"Saya periksa karena memang ada gejala. Tetangga saya kan ada balik dari Jepang, sempat salaman nyapa. Dua minggu setelah itu saya periksa karena ada gejala," kata dia.