Anies Tutup Sekolah, KPAI Imbau Ortu Pastikan Anak Belajar di Rumah

Indra Komara - detikNews
Senin, 16 Mar 2020 11:42 WIB
Ketua KPAI Susanto
Ketua KPAI Susanto (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan menutup kegiatan belajar-mengajar di semua sekolah. Anies menganjurkan sekolah menerapkan pembelajaran siswa dengan metode jarak jauh.

KPAI mengapresiasi langkah Pemprov DKI. Namun dia meminta orang tua murid memastikan anaknya belajar di rumah.

"Kami mengapresiasi langkah meliburkan sekolah untuk mencegah dan antisipasi merebaknya penularan virus Corona. Namun kami mengimbau kepada seluruh orang tua agar memastikan anak belajar," kata Kepala KPAI Susanto kepada wartawan, Senin (16/3/2020).



Dia tak ingin kebijakan Pemprov DKI justru dimanfaatkan jadi momen liburan dan jalan-jalan para siswa. Untuk itu, KPAI meminta orang tua mengawasi anak belajar di rumah.

"Tidak memanfaatkan waktu liburan ke mal, bioskop, jalan jalan, berwisata ke tempat-tempat rekreasi serta ke tempat-tempat keramaian. Ini penting agar upaya mencegah anak tidak terpapar Corona berjalan efektif," ujar Susanto.

Sebelumnya, kebijakan menutup kegiatan belajar di sekolah sudah dikoordinasikan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain kegiatan sekolah ditutup, Ujian Nasional dan Ujian Sekolah ditunda.



Selama proses kegiatan belajar ditutup, Anies menyiapkan materi pembelajaran jarak jauh untuk guru dan anak. Dinas Pendidikan DKI akan bekerja sama dengan semua pihak terkait proses pembelajaran secara digital.

"Lakukan dengan metode jarak jauh, lakukan dengan proses digital. Tujuannya adalah untuk mengurangi interaksi yang punya potensi terjadi penularan," kata Anies.

(idn/fjp)