Cegah Penyebaran Corona, UNM dan AMKOP Terapkan Kuliah Online

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Senin, 16 Mar 2020 11:16 WIB
Rektor UNM Prof Husain (MN Abdurrahman/detikcom)
Foto: Rektor UNM Prof Husain (MN Abdurrahman/detikcom)
Makassar -

Guna mencegah penyebaran virus Corona, dua kampus di Makassar, yaitu Universitas Negeri Makassar (UNM) dan STIE AMKOP menerapkan sistem perkuliahan online (daring). Sebelumnya, Rektor Universitas Hasanuddin juga menerbitkan surat edaran terkait kuliah daring pengganti kuliah tatap muka di kelas.

Rektor UNM Prof Husain dalam keterangannya, menyebutkan pengubahan dari kuliah tatap muka ke model blended learning berlaku selama dua pekan, mulai hari ini, Senin (16/3/2020). Kebijakan ini juga telah disampaikan ke seluruh civitas akademika UNM. Termasuk juga menyiapkan hand sanitizer di beberapa lokasi kampus UNM.

"Kami imbau pada para dosen, mahasiswa, dan pegawai UNM, agar tidak panik atas keadaan ini, kita harus tetap jaga kesehatan, kebersihan di sekitar, dan kurangi aktivitas luar rumah," ujar Husain.

Sementara menurut Direktur STIE Amkop Bahtiar Maddatuang, selain meniadakan sementara aktivitas perkuliahan dalam kampus, pihaknya juga menunda kegiatan INDEF School of Political Economy (ISPE), yang sedianya akan digelar di Makassar, 26-27 Maret nanti.

Cegah Penyebaran Corona, UNM dan AMKOP Terapkan Kuliah OnlineFoto: STIE AMKOP (MN Abdurrahman/detikcom)

"Kegiatan kemitraan dengan lembaga luar dan dalam negeri kita hentikan sementara, seperti program ISPE rencananya akan dihadiri para ekonom, direksi BUMN, serta perumus kebijakan strategis, untuk menganalisis fenomena ekonomi politik di negara kita, terkait wabah Covid-19, kita tunda hingga situasi membaik," pungkas Bahtiar.

(mna/jbr)